Bahagia itu sederhana• Hidup adalah anugerah ☺ nikmati proses!

Selasa, 18 Oktober 2011

Masa Subur

Setelah berpegel2an chatting sm Jeunk Annisa kemarin malam (maaf ya bowk kmrn dganggu lama :p) mulai dr soal dekorasi, undangan, premarital check up smpe kesehatan reproduksi akhrnya sayah dpt byk pencerahan terutama soal MASA SUBUR nih... Aheyyy... lumayan nih dpt kenalan dokter jd bisa discuss byk soal kesehatan...hihihi...

Karena kita berdua sama2 mupeng pgn langsung hamidun setelah nikah, akhirnya jeunk dokter cantik inih menyarankan sayah untuk byk makan makanan sehat (terutama sayur), konsumsi vit E, hindari makanan bakar2an, perbanyak asam folat, dan menghitung masa subur (disamping premarital check up tentunya).

Lalu...Apa sih masa subur ituh?? (Nis izin copaz dr blogmu iah *kecups*)

" Masa subur adalah masa dimana tersedia sel telur yang siap untuk dibuahi. Masa subur berkaitan erat dengan menstruasi dan siklus menstruasi. Masa subur ditandai oleh kenaikan Luteinizing Hormone (LH), Follicle Stimulating Hormone (FSH) dan estrogen. Selain itu siklus juga dipengaruhi oleh kondisi psikis si wanita jadi, bisa maju atau mundur. Untuk itu pemahaman mengenai bagaimana terjadinya menstruasi dan bagaimana siklus menstruasi itu perlu dipahami kaum hawa secara rinci.
Dengan mengetahui kapan masa subur dan masa tidak subur maka, seseorang dapat mengembil keputusan untuk hamil atau untuk tidak hamil."

Lalu gimana caranya mengetahui masa subur?? (Nis, izin ngasih link-nya juga yaahh...*hahahaha copaz mulu neng* :p )

Nahh...sebelum ngitung masa subur menurut jeunk dokter nisa kita harus aware terhadap HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir), hayoo...silakan jeunk2 sekalian catet deh (klo perlu lingkerin di kalender) kapan hari pertama haid bulan ini, sebulan yang lalu dan dua bulan yang lalu, karena selain untuk ngitung masa subur ternyata HPHT juga bisa jadi patokan untuk ngitung usia kehamilan,(apalagi kalo tinggal di daerah yang gak ada fasilitas USG nya).

Setelah tau HPHT masing2 baru deh ngitung masa suburnya di fertility calculator disini atau disini.

Dan ternyata, setelah tung itang itung di link atas td, ini dia hasil sementaranya based on HPHT terakhirku 3 bulan terakhir (jul, aug, sep) kmrn :

Perkiraan panjang siklus aku : 34 Hari
Perkiraaan tanggal siklus haid berikutnya yaitu : 1 Nov'11
Fertilitas terbesarnya : perkiraaan awal 13 Okt'11 dan perkiraan akhirnya 18 Okt'11

Soo... mnrt prediksi di atas kemungkinan aku haid lagi ituh tgl 01 nov'11, trus merit di tanggal 11 nov'11...mudah2an pas masuk masa subur ya cyiinnnn..biar cpt hamiduun... Aminn..Amiinn..Yaa Rabbal Alamiiinnn... :)


Ps. Oiya Jeunk nisa juga kmren ngasih tau nama suplemen yg mengandung byk vit E dan asam folat yaitu "Folamil Genio" yg harganya berkisar 110rban utk konsumsi satu bulan, sp tau ada yg mau nyoba nih...hihihi :D

Thanks beratt yah nisa atas info-nya...*cini..cini..peluuukksss* ;)
Moga2 semua pasutri yg baca blog sayah ini bisa cpt hamil yahh.... Amiiinnnnn...



Nella
^__^

4 komentar:

ndhachiyo mengatakan...

wahhh udah persiapan aja niy... hihihi diriku jg pke sistem kalender say.. tpi makasih bgt infonya yah yg nama tuh t.. nanti coba ahh... mana tau lgsg tokcer :P

Simply Nella mengatakan...

Iya say pgn bgt langsung hamidun...mklum udh ga muda lagi (tp ttp ga mau dblg tuir..:P)...hehehe... iya jeunk silakan dcoba deh..nti klo lsg tokcer inpo2 yak... :D

Dedee mengatakan...

Aq juga pake system kalender nantinya (masih sebulan lagih) tapi untuk menghindari kehamilan dulu... ;p

Btw... Sekedar info aja, itu perhitungan masa subur klo gak salah untuk yang haidnya teratur. Klo yang haidnya gak teratur (seperti sayah) agak beda perhitungannya. Diambil statistik 6 bulan terakhir (diambil periode siklus paling pendek & paling panjang).

Ini aq kutip dari http://yuwielueninet.wordpress.com/2008/03/24/menghitung-dan-menentukan-masa-subur/

"Jika siklus haid sama sekali tidak teratur, diperlukan data siklus minimal 6 bulan sampai setahun. Kemudian dihitung dengan memakai rumus Ogino Knouss. Dicari siklus yang paling pendek berapa hari dan siklus paling panjang berapa hari. Masa subur ditentukan berdasarkan siklus terpendek – 18, siklus terpanjang – 11.

Contoh, siklus terpanjang 40 hari, siklus terpendek 28 hari. Maka, 40-11 = 29 dan 28-18 = 10. Jadi, perkiraan masa suburnya hari ke-10 dihitung sejak menstruasi pertama sampai hari ke-29. Masa suburnya memang menjadi lebih panjang, tetapi tidak bisa diperkirakan kepastian yang paling mendekati. Ini disebabkan menstruasi yang kacau sehingga sulit diketahui, kapan persisnya perkiraan keluarnya sel telur."

Semoga berguna yaaahh...
Aq ada aplikasinya juga kalau mau...
Untuk yang teratur, di BB or Apple Product jg ada aplikasinya... ^^

Simply Nella mengatakan...

Wiiihhh...lengkappp skaliiihh inponyaaa...
Makasih darla, insyaallah berguna kok... :D

Poskan Komentar

 
Blogspottemplate