Bahagia itu sederhana• Hidup adalah anugerah ☺ nikmati proses!

Senin, 12 Maret 2012

Uterus Gravidus Retrofleksjio

Uterus Gravidus Retrofleksjio
atau
Uterus Gravidus Retrofleksi

Ada yg tau apa artinyaaa ga???

Sayah dapet istilah ini setelah konsul sm my 3rd obgyn Dr. Sundoro hari sbtu kemarin di RS Sukmul Sisma Medika Jakarta Utara...

Lho kok udh konsul lagi...?? hehehe..iyeeehh ni gara2 kmrn si sayah smpet kena flu sm batuk yg lumayaaann agak beratt...n bkin susye mau ngapa2in...jadi deh ke obgyn lagi *kali ini rekomendasi nyokap* untuk nanyain obat flu n batuk yg aman buat bumil n dedeknya... (sblm hamil kebiasaan minum obat neozep sih nih soalnya...jd ktergantungan obat deh tiap flu...hihihi)

Jadi ceritanya waktu konsul kmren sm Dr. Sundoro di RS Sukmul, sayah kan konsultasi soal flu n batuk sayah tuh, etapi krn sayah bru pertama kali konsul, so bapak dokternya fokus periksa sayah bukan pada flu n batuk sayah, tpi pada kehamilan-nya... *ya iyalaaahh nel, lha wong dtgnya ke dokter obgyn... ;p*

Soo..bgini ceritanya :

Suster (S) : "Bu...timbang n tensi dulu"
Nella (N) : "Oke sus" smbil naek ke atas timbangan... dannn...58Kg! ckckckck...naek lagi yeuh...dlm 2 minggu sy udh naek 2kg.... Alhamdulillah.... ;D
S : "Ok bu, silakan tiduran dulu yah, trus dibuka bajunya smpai perut"
N : Nurut tiduran smbl ngangkat baju panjang eik smp perut...*pasrah yee*
Ga lama kemudian bapak dokternya masuk...
Dokter (D) : "Kenapa nih bu...?"
N : "Ga da keluhan apa2 sih dok...cuman ini saya flu n batuk, itu gimana ya dok?"
D : "Oohh...sy periksa dulu yah..."
Sekitar 3 menit meraba perut, trus mengernyitkan dahi.... *alamak kenapa nih dlm ati*
Takut si dokter mendiagnosis yg mcm2, sy langsung aja
N : "Emmm... minggu lalu sy periksa di Meilia sm Mitra Keluarga Cibubur dok, trus di UST bru kliatan kantung khamilan-nya, terakhir ukurannya 5.8mm, usianya blm kliatan"
D : "Ohh gtu...terakhir mens kapan?"
N : "17 Januari dok, tpi jdwal mens sy ga teratur"
D : "Udh nikah berapa lama?"
N : "3 bulan lebih dok"
D : "Oke klo gtu USG aja dulu yah?"
N : "Lho saya bru minggu kemarin dok UST, gapapa tuh dok klo USG lagi skrg?"
D : " Ohhh..gapapa"

1 Jam kemudian di ruang USG (ruangan konsul sm ruangan USG beda nih ceritanya)
D : "Oke...sekarang kita liat yah lewat USG perut"
N : "Emmm...emg kliatan ya dok lwt perut?, soalnya wktu mggu kmren USG-nya lwt bawah dok, karena katanya msh trlalu kecil jd ga kliatan klo di USG perut"
D : "Hahahahaa...kynya itu trgntung tangannya deh" Agak narsis yeee dokternya...tpi gpp deh
1 Menit, 2 Menit, sang dokter mencari cari dimana letak GS-nyah...smp akhrnya krg lebih 3 menit kemudian....
D : "Nah ini dia...Alhamdulillah"
N : "Mana dok?" mklum wlopun udh liat mggu kmren 2 kali berturut2 tiap minggu, gue ttp penasaran n antusias ngliat-nya...trutama perkembangannya...hehehe...
D : Nge zoom si kantung khamilan smbl nunjukkin..."nih"
N : "Ukurannya brp dok?"
D : "Emmm...msh kecil ukurannya 10.8mm dan usianya 4W6D"..."Selamat yah"

Subhanallah walhamdulillah....kantung khamilannya udh kliatan lwt USG perut....
Udh ada usianya juga di layar monitor...4w6d...dan ukurannya....10.8mm!
Berarti si dedek dlm 5 hari dari 5.8mm tumbuh n berkembang jdi 10.8mm, 1 hari 1 mm... Subhanallah.... Bnr2 merasa bersyukur bgt sm Allah.... dia berkembang...Allahu Akbar!

Jadi ternyata krn siklus mens yg ga tratur ituh, usia khamilan sayah skrg bru 5 minggu...
Beda 2 minggu 5 hari dr usia HPHT saya... xixixi... Alhamdulillah udh ktauan usianya... *sujud syukur* ;D

Trus lanjut lagi soal istilah di atas...*kpanjangan prakatanya yee* :p

Karena saking senengnya atas perkembangan si dedek... smp ga diliat lagi apa aja keterangan yg ada di hasil print gambar USG-nya... langsung aja capcuss pulang... :D
Ternyata setelah di baca di rumah kok ada tulisan Uterus Gravidus Retrofleksjio
Aiihh...apaan itu??
Tanya mbah googling ahh.....

Ini jawabannya :

============
"Uterus atau rahim Retroflexi adalah salah satu variasi bentuk rahim dimana rahimnya ke arah belakang sehingga mulut rahim tertarik keatas. Sekitar 20-30% wanita rahimnya retroflexi. Bentuk rahim pada umumnya disebut anteflexi (posisi rahim menghadap kedepan. Posisi rahim retroflexi menyebabkan rahim kembali mengeluarkan sperma setelah ejakulasi.
Gravid :
Istilah ilmiah untuk kehamilan adalah “gravid” sehingga wanita hamil sering kali disebut sebagai “gravida”


============

Retrofleksio uteri
Retroflexi uteri sering dijumpai pada wanita Indonesia dan tidak usah kita anggap sebagai hal yang patologis. Kalau terjadi kehamilan maka beberapa kemungkinan yang terjadi adalah :
- Biasanya retroflexi terkoreksi secara spontan
- Terjadi abortus
- Terjadi inkarserasi dari rahim yang terus membesar didalam rongga panggul kecil : retroflexio uteri gravidi inkarserata.

Biasanya bila terjadi kehamilan, uterus dalam retroflexio secara berangsur – angsur akan menjadi lurus. Pelurusan ini dapat terhalang karena adanya perlekatan - perlekatan antara alat kandungan dengan alat – alat sekitarnya, dan juga kalau promontorium sangat menonjol. (Sastrawinata, 1981)


Kadang - kadang retroflexi uteri menyebabkan kemandulan karena kedua tuba tertekuk. Uterus gravidus yang bertumbuh terus bisa terkurung dalam rongga panggul disebut retrofleksio uteri gravidi inkarserata. Nasib kehamilan pada retrofleksio uteri dapat koreksi spontan, abortus, koreksi tidak lengkap, inkarserasi. (Harsary, 2008)


Apakah retroflexi dapat menyebabkan abortus masih disangsikan, tetapi pada retroflexi uteri gravidi inkarserata kemungkinan abortus lebih besar. Jika kehamilan terus berlangsung tanpa perbaikan letak rahim, maka akhirnya rahim yang membesar ini akan mengisi seluruh rongga panggul dan terjepit. Inkarserasi baru terjadi antara minggu ke 13 – 17. (Sastrawinata, 1981)

Gejala-gejalanya adalah :
• Retensi urine sampai inkontinensia paradoksal.
Keadaan ini dapat menimbulkan cystitis, pyelitis, pyelonefritis, dan uremia. Bahkan dapat terjadi ruptur dari kandung kemih yang mengakibatkan peritonitis yang membawa maut.
• Tekanan pada alat-alat sekitarnya dapat menimbulkan perasaan nyeri, tenesmi, dan obstipasi.
• Dapat terjadi abortus karena kurang ruang.
Jika seorang wanita pada kehamilan muda mengeluh tidak dapat kencing harus selalu diingatkan kemungkinan retroflexi uteri gravidi.

PENGOBATAN

Sebelum minggu ke-12 retroflexi uteri gravidi tidak perlu dihiraukan, karena uterus biasanya memperbaiki letaknya sendiri. Pasien boleh dianjurkan posisi berlutut pada malam hari dan pagi hari selama 10 menit. Dengan letak demikian diharapkan uterus dapat jatuh kedepan. Jika pada minggu ke-12 uterus masih dalam posisi retroflexi uteri gravidi maka reposisi tangan diusahakan. Jika ternyata setelah beberapa hari uterus tetap jatuh ke belakang, maka setelah reposisi dipasang pessarium Hodge. Pessarium diangkat lagi setelah kehamilan mencapai 18 minggu. Jika sudah terjadi inkarserasi pasien harus diopname.
Agar tidak terjadi perdarahan ex vacuo perlu dipasang dauer catheter dan kandung kemih dikosongkan berangsur-angsur. Kemudian diusahakan reposisi dari luar, namun bila tidak berhasil maka reposisi operatif perlu dilakukan.

=============================

Nahhh....dari artikel2 di atas, saya ambil kesimpulan bahwa :
"Uterus Gravidus Retrofleksjio, merupakan kehamilan pada rahim yang terbalik atau rahim ke arah belakang"

Jadi...rahim gw beneran tebalik donk???
Hmmm....sepertinya googling menjelaskan demikian.... ;)
Karena ituuuu....
Makasiiihhhhh Ya Rabb.....
Makassiihhhhh Jeunk Conejita atas postingannyaaaaaaaaaa.....
Ahhh... Allah bnr2 Maha Baik.... untung aja pny temen yg posting ttg ini, jd eik terinspirasi untuk merubah gaya "tayang2an" deh... Aio sapa yg mau coba....it works for me loochh....nungging...nungging...!! #eh.. :p

Ya sgitu dulu deh postingan kali ini...semoga bermanfaat yah.... Amiinnn...
Oiya..soal flu n batuk sayah... si dokter ga ngasih obat tuh...
Tpi Alhamdulillah-nya.... tnpa obat-pun sedikit demi sedikit flu-nya membaik... iyeiiyy..!
Ajaib nih...biasanya sblm hamil, klo flu harus kudu wajib mnum obat flu, klo engga diminumin hasilnya bakalan ky postingan sy yg ini...teparrr seteparr teparnyaa...Eeetapiii...ini setelah hamil...tnpa diminumin obat...sembuh dgn sendirinya loohh... cm 2 hari udh better.... Alhamdulillah... ;D


Over all... Semua Allah yg punya kuasa....
Klo ga karena DIA...semua ini tidak akan mungkin terjadi....
Terimakasih Ya Allah...Terimakasih...
Subhanallah Walhamdulillah....


^__^

9 komentar:

nie :) mengatakan...

aw aw aaaww semoga dedek bayinya sehat amiiiin..

*nungging?#$@%&!

Simply Nella mengatakan...

Aminn...Amiin...Ya Rabbal Alamiinnn...
makasih ya nie syg atas doanya....
nungging?? hehehe... ;D

ulan mengatakan...

posisi rahim gw juga retofleksi say, dan obgyn yang dulu periksa gw juga ngasi saran buat nungging pas ibadahnya, cuman yaaa belum rezeki aja gw :D

bunda sama dedek nya yang sehat2 terus yakkk :)

Simply Nella mengatakan...

Aminnn...Ya Rabb...atas doanya tante ulan... ;D
Ooghhh dirimu retrofleksi juga say...hehehe ada tmennya dunks...Aio smangat dcoba terusss!!
Insyaallah sbtr lagi hamiillll...Amiiinnnn... :)

bumblebumz mengatakan...

wah nambah ilmu lagi neh buat ako hehhehehe moga dede na sehat n berkemabang terus di perut mommy na n mommy na juga sehat amiennnnn

Dedee mengatakan...

Hallo Nella... Sesama bumil... :)
Toss dulu bu, seminggu ini aq juga lagi batuk, pilek & sempet meradang tenggorokannya.
Gak mempan sama jeruk nipis, madu, jahe & vit c akhirnya aq mendatangi ibu dokterku...
Ternyata kata ibu dokter klo untuk batuk boleh minum obat batuk hitam such as woods & OBH tapi jangan obat batuk yang macem2 only OBH.
Padahal ibu dokter ku ini mayan pelit ngasih obat loh, dari awal aq cuma dikasih asam folat aja, tapi ternyata OBH memang masih berterima untuk bumil.

Eh samaan juga sama dirimu, aq pikir jadi bumil rentan sakit, tp ternyata gak gitu loh.
Aq baru sakit setelah dikelilingi temen2 kantorku yang pada sakit.
Sempet bertahan 2 minggu gak ketularan, tapi karena sempet kecapekan akhirnya ketularan juga.
And biasa klo aq radang tenggorokan pasti demam & harus kena antibiotik, tapi sekarang enggak loh masih bisa tahan dengan jeruk nipis dll & gak demam.
Sekarang tinggal batuk2nya nih yang irritating, suka mancing bikin muntah (padahal aq termasuk yang gak mual2).

Cepet sembuh ya bunda Nella, semoga dedeknya juga sehat...
Oiya kemarin aq skalian cek usg juga... baby ku dah 10week & dah ada tangan & kakinya loh, dah bisa joget2 dia ;p
Nanti Nella rasain sendiri klo kandungannya dah membesar... So amazed 3 cm tapi dah kebentuk organ2nya... MAGIC... :D

Simply Nella mengatakan...

@Bren : Amiinnn Ya Rabb...maacih tante bren doanya *hug*
Alhamdulillah yah dah tau ilmunya, jd nti tinggal praktek deh #eh... :p

@Dedee : Aiihh kita kok samaan mulu yaakk... *toss perut* =D
Iya nih ga aku mnumin obat, alhamdulillah malah cpt smbuh...hehehe... Smg cpt smbuh juga ya bunda de...
Eehh itu si dedek udh gede aja 3cm... Aww jd can't hardly wait to see the baby yah... xixi
Grow babies grow!! Sehat selalu buat kita n babies ya bun... Amiiinnn... ;D

Koesoemo Widodo Family mengatakan...

oohh jadi yg tadinya kebalik, bisa muter ke posisi yg bener seiring pertumbuhan bebih di perut yah? waah nice inpo,,baru tau nih..

berlutut selama 10 menit di pagi dan malam hari? waaah klo nella si berlutut nya sehari 5x kok yah, kan sholat pasti rukuk n sujud...

subhanallah ya...ternyata gerakan sholat emang ga ada yg sia2..

sehat2 terus yah ibu en bebihnyaaaa..*kecup*

Simply Nella mengatakan...

@ Ny Koes : Hooh say, eik juga bru tau stlh googling...Jd bisa fokus pd prkembangan baby-nya deh.. ;D
Iya Subhanallah...emg ga da yg sia2 yah... Allahu Akbar!
Aminnn Yaa Rabbal alamin yah ceu atas doanya...*kecupbalik*
Smg Allah juga segera menitipkan dedek diperut dirimu... Amiiinnnn Yaa Allah... ;D

Poskan Komentar

 
Blogspottemplate