Bahagia itu sederhana• Hidup adalah anugerah ☺ nikmati proses!

Senin, 05 Maret 2012

Pemeriksanaan USG Pada Kehamilan Trimester 1

Ya Allah...
Knp tiap hari rasanya makin sutris aja yah dgn cerita2 Blighted Ovum....
Naudzubillahimindzalik... Jgn smpe Yaa Rabb...

Susye juga deh yah pny rasa penasaran yg gede... ga cari info, penasaran...dicari info malah bkin ati ga keruan gni...ya parno lah...worry lah...aaahhh sutrisss sayah... :(

Salah satu yg bkin sayah dag dig dug itu krn sang dokter blm bs memprediksikan brp tepatnya usia kehamilan sayah wktu prenatal care pertama mggu kmrin...ini krn siklus mens sy yg ga tratur juga sih..
Cb tny2 sm Jeunk Yoanda, wktu dy pertama kali UST brp ukuran kntong gestasinya? ternyata kata jeunk Yoanda GS-nya saat itu 6mm (usia krg lebih 2-3 minggu), trus sayah?? wktu mggu kmrin check GS-nya baru 4.6mm (prediksi usia-nya saat itu krg lebih 2-3 mggu juga)....Tuu kannn kok sy lebih keciilll???
Ahhh...makin worry dunks....
Akhrnya cb2 brosing brp sih ukuran normal GS utk usia kehamilan 2-3 minggu, trus ketemulah artikel
inih...

===========================================
Pemeriksanaan USG Pada Kehamilan Trimester 1

Kehamilan intra uterin

1. Pada kehamilan 5 minggu terlihat kantong gestasi dengan diameter 5 – 10 mm.

2. Pada kehamilan 6 minggu diameter kantong gestasi mencapai 15 mm, mudigah kadang-kadang dapat dideteksi menggunakan transvaginal USG.

3. Pada kehamilan 7 minggu diameter kantong gestasi mencapai 15 mm, panjang 10 mm, struktur kepala sudah dapat dibedakan dari badan.

4. Pada kehamilan 8 minggu kantong gestasi berdiameter 30 mm, panjang mudigah ± 15-20 mm dan dapat dilihat yolk sac berupa struktur vesikuler berdiameter ± 5 mm yang letaknya diluar selaput amnion.

5. Pada kehamilan 9 minggu rongga korion dan kantong kuning telur tidak terlihat lagi, pusat-pusat penulangan mulai tampak di daerah mandibula, maksila, klavikula, humerus, femur dan ileum. Lokasi pertumbuhan plasenta terlihat makin jelas.

Kehamilan multiple

Adanya kehamilan multiple secara dini dapat diketahui bila dijumpai lebih dari satu kantong gestasi. Gambaran tersebut dapat diketahui dengan jelas mulai kehamilan 6 minggu. Diagnosis pasti kehamilan multiple hanya bisa ditegakkan dengan USG bila dijumpai lebih dari satu mudigah yang menunjukan tanda-tanda kehidupan, yaitu mulai kehamilan 7 minggu.

Penentuan usia kehamilan

1. Diameter Kantong Gestasi (KG)
Kantong gestasi adalah cincin ganda yang konsentris berasal dari desidua kapsularis dan desidua parientalis.
Pada bagian basalnya terlihat struktur yang menyerupai sarang tawon yang berasal dari desidua dan vili koriales.

2. Jarak Kepala Bokong (crown rump length = CRL)
Adalah jarak antara puncak kepala/ubun-ubun sampai bokong, dapat dipakai untuk menentukan usia kehamilan 7 – 10 minggu. ( Rustam, 1998 : 408 ).
Usia kehamilan (minggu ) = JKB (cm) + 6,5

3. Diameter biparental (DBP) dan Panjang Femur (FL)
Menurut Mochtar Rustam dalam bukunya yang berjudul Sinopsis Obstetri tahun 1998, berpendapat bahwa biasanya setelah usia kehamilan >9 minggu, dimana proses osifikasi telah mencakup daerah kepala dan bokong (kehamilan trimester II). Rasio ini digunakan untuk mengetahui pengukuran dalam, kelainan kepala atau anggota gerak bawah, dan untuk mendeteksi gangguan pertumbuhan janin.


Komplikasi pada kehamilan trimester I

1. Abortus
Untuk menilai keadaaan embrio atau janin serta luasnya daerah perdarahan intrauterin..

2. Missed abortion
Tampak uterus lebih kecil dari pada usia kehamilan, dan bentuk kantong gestasi embrio tidak utuh lagi.

3. Kehamilan Anembrionik (Brighted Ovum)
Tampak ovum yang dibuahi dan kantong gestasi berkembang tetapi embrio tidak terbentuk.

4. Kehamilan Ektopik
Gambaran USG kehamilan ektopik sangat bervariasi, tergantung pada usia kehamilan. Tampak adanya kantong gestasi berisi embrio/janin yang letaknya diluar kavum uteri. Selain itu tampak perbesaran uterus tanpa kantong gestasi, massa pada adneksa, reaksi desidua endometrial dan adanya darah didalam cul-de-sac.

5. Molahidatidosa
Tampak gambaran seperti sarang tawon (honey comb) atau badai salju (snowstorm). Uterus berukuran lebih besar dari lamanya amenore.

( Sarwono, 2005 )

Sumber:
Rustam, Mohtar.Sinopsis Obstetri: Obstetri Fisiologi, Obstetri Patologi, EGC, Edisi 2, Jakarta. 1998.
Varney, Helen, dkk. 2001. Buku Saku Bidan. EGC : Jakarta
Wiknjosastro, Hanifa. Dkk. Ilmu Kebidanan, Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo, Jakarta. 2005.

================================================

Naahhh... klo berdasarkan artikel di atas dgn prediksi usia khamilan 2-3 mggu, GS sayah 4.6mm, berarti normal kan yaaahh??? Amiinnn Yaa Rabb...

Trus... cb cari2 lagi di situs lain ttg cara menghitung usia kehamilan, dan muncul-lah artikel jawaban ini :
=================================================

Cara untuk mengetahui usia gestasi /usia kehamilan dari USG:

  • Gestasional Sac (GS) /kantung gestasi

4 minggu ditambah (diameter kantung dalam mm x hari). Perhitungan ini didasarkan atas pertumbuhan kantung gestasi normal 1 mm/hari setelah kehamilan 4 minggu. Sebagai contoh, kantung gestasi 1,56 cm (15,6 mm atau 16 mm) kira-kira menggambarkan usia gestasi 6 minggu 2 hari (4 minggu + 16hari= 6 minggu 2 hari)

  • Crown Rump Length (CRL)

6 minggu ditambah (CRLx hari). Berdasarkan pertumbuhan janin normal 1 mm/hari setelah kehamilan 6 minggu. Sebagai contoh. CRL dari 0,5 cm (5 mm) akan menggambarkan usia gestasi 6 minggu 5 hari (6 minggu + 5 hari= 6 minggu 5 hari)

Jika data hasil USG (CRL dan GS) Anda benar, diperkirakan usia kehamilan Anda berkisar 6 minggu 2 hari- 5 hari. Mengenai adanya perbedaan pada hasil usia yang dituliskan, sebaiknya Anda tanyakan kembali pada dokter kebidanan dan kandungan Anda. Memang selalu ada kemungkinan kekurang tepatan, mengingat pemeriksaan USG sangat tergantung pada operator (dokter) yang melakukan.

Mengenai hasil USG Anda, sudah ditemukan adanya ukuran CRL (Crown- Rump Length) yang artinya ukuran panjang embrio dan janin dari kepala (crown) hingga tulang dasar bokong(rump). Pengukuran ini dapat memperkirakan usia gestasi atau usia kehamilan. Dengan adanya hasil CRL, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan adanya kemungkinan BO (Blighted ovum) atau ovum/telur kosong di dalam GS (Gestasional Sac/Kantung gestasi).

Saran kami, tetap periksakan kandungan Anda secara teratur dan lakukan USG secara berkala untuk mendeteksi dini adanya kemungkinan kelainan. Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

Salam,Redaksi Klikdokter

================================================

Ya Allah...smkin pnasaran pgn cpt2 dgr heartbeat-nya dedek deh...
Semoga semua ini hanya ketakutan sayah saja.... Amiiinnnn....

"Deek sayang... tumbuh sehat terus yah sayang... bunda bnr2 pgn liat dedek lahir ke dunia ini... bunda ma ayah bnr2 sayaaaang bgt sm dedek... semuanya sayang dedek.. *kiss dedek..mmmmuaaacchh* "


^__^

5 komentar:

Ahn Nha mengatakan...

Sabar yah mbaak...positive tingking ajah..insyaAllah Allah kasih terbaik klo qt berprasangka baik pula sama Dia..Yg ptg jg terlalu jd beban pikiran...smangkaa...^___^
#kisshug :*

Dedee mengatakan...

Hehehe… Kayanya perasaan tiap calon ibu seperti ini yaaa..

Sebulan lalu perasaan ku juga sama persis sperti dirimu Nel…

Baby nya baek2 aja gak ya? Karena pas pertama USG belum keliatan dedek bayinya cuma kantungnya aja…

Banyak baca jg klo bayi2 pada gak berkembang… bikin tambah parno…

Tapi pas kunjungan obgyn k2 bisa bernafas lega krn bayinya berkembaangg.. Yaay… Heartbeatnya kenceeengg… kmrn 8 minggu & ukurannya 20,6 mm klo pas 3/4 minggu ukuran GS nya 6,58 mm klo gak salah…

Klo aq perhatikan dari yang aq baca, kasus bayi gak berkembang itu biasanya karena di rahim mamanya ada mium/kista/polip dll yg mengganggu perkembangan si bayi… tapi klo kemarin dirimu pas di cek rahimnya bersih, suppose to be baby nya jg akan tumbuh sehat

Semangat ya Nella… Hopefully your baby doing just fine…

Tunggu beberapa minggu lagi & bisa ketemu si dedeknya… Caiyooo… :)

Kalau Bapak & Ibunya sehat, si dedek biasanya juga sehat…

Simply Nella mengatakan...

@ Ana : Maaakasssiiihh sayanggg... yes Allah must know what best for us... ;D

@ Dedeee : Ahhh dedeeee...seneng deh iih sharing ma kamuuu... u know what i feel....km pny bb atau Ym ga?? biar kita bs ngobrol2 nih...send di imel ku yaw : kornella.rauf@gmail.com
Smg dedek di dlm peyut kita bisa tumbuh sehat terus yah sayang...Amiiinnnnn Yaa Allah...

Dedee mengatakan...

Hi Nella... Seneng bisa sharing sama mu juga...
ID YM ku dah ku email ke gmail mu yaaa... :)

Luvi Yanti mengatakan...

usia kandganku 8 mgg.gs 3.63 crl 2.14.norml g y

Poskan Komentar

 
Blogspottemplate