Bahagia itu sederhana• Hidup adalah anugerah ☺ nikmati proses!

Senin, 01 Juli 2013

Pilih AC apa??

Mau posting soal review AC ahhh...

Jadi gini ceritanyooo.. sejak pindah ke rumah baru, eik dan suami emg sengaja ga pakai AC nih... selain krn AC yg lama sdh dihibahkan ke pembeli rumah lama, eik dan pak suami critanya pgn hidup irittttttt wasairit (:p) sekaligus pgn mnghilangkan kbiasakan pke AC ajah, karena konon katanya pake AC itu sbnrnya 70%  pola kebiasaan doank dibandingkan kebutuhan... hhh yo weslah..makdarit akhrnya mmtuskan utk pake kipas angin sajooo...

Sebulan pertama, masih anteng2 ajahhh, paling cm bilang "gerah yah"... ;D
Sebulan kedua, mulai muncul keluhan kecil, seperti biang keringat dan gatal2... :P
Sebulan ketiga... "Pkonya aku mau pake AC lagiiiiiiiiii" ngerengek ke pak cuami.... :))
Hahhahahaaa...

Wlopun dlm hal pengiritan listrik, sakses berat...dengan perbandingan antara rumah baru dgn rumah lama itu --> 1 : 3, tapiiii dlm hal kenyamanan, bisa dibilang cm sakses 20%.. wwkwkwkkw...
Dengan kondisi badan serba gendaaadddd di kehamilan TM 3 ini dan gatal2 yg meradang, dengan ini eik brani declare bahwa :  AC itu kebutuhaaannn maliihhhh... sp bilang sih kebiasaaaannn... haahhh?! *nunjukdirisendiri* :p

Jadi, dengan sisa2 koin berlian yg ada, mulailah pasutri irit inih nabung utk 3 keperluan yg bersamaaan : baby things, AC, dan excess biaya persalinan... Hap!

Prioritas pertama : Baby Things... 90% completed...Alhamduuulilllaaahh...

Selanjutnya adalah beli AC...
Mulai deh rajin mantengin situs2 toko elektronik pleeeeeesss survey lapangan ke toko elektronik, supermarket, EC serta ES terdekat... tdk lain hanyalah sekedar utk bandingin harga duluuu...wkwkwkwkwk... :p

Oya sedikit review jg nih perihal HARTONO ELECTRONIC yg terkenal murah itu, setelah tny2 dengan salesnya dan tmn yg prnah beli AC disana, ternyata harga jual AC-nya itu unitnya doank yah pemirsa, diluar ongkir dan pemasangan... Utk ongkir trgntung lokasi pengiriman (contohnya ke cibubur itu 150rb) trus jasa pemasangan itu 390rb... jadi buat tmn2 yg mau beli AC disana yah hrs aware ajah yah sm biaya2 tambahannnya ini... hehehee.. ;D

Abis survey harga, eik dan pak cuami cb tny2 sodara yg ngerti ttg merk AC yg bagus, secara dulu smpt kecewa pas beli s*msung, abisan masa baru 8 bln-an pake udh ga dingin lg, malah outdoornya berisik bgt lagi, akhrnya kali ini Say No! to s*msung...

Nahh berdasarkan hasil survey sana sini, intinya kami nyari AC dengan kriteria : MURAH, AWET, DINGIN, GA BERISIK, dan LISTRIKNYA GA BOROS... ;)))
Dan ini dia urutan (awal) AC pilihan kami :
DA*KIN,  PAN*SONIC, L*, SH*RP...bla bla bla...dan yg terakhir itu S*MSUNG...


Diantara toko elektronik yg kami survey, ketemulah sama salah satu toko elektronik yg harganya lumayan murah dan lokasinya dkt rumah..

Kami (K) : "Mas mau cari AC merk DA*KIN"
Sales (S) : "Ohh ada pak bu.. mau cari yg berapa PK? type apa?"
K : "Cari yg 1/2 PK ajah, katanya merk DA*KIN bagus ya mas? yg typenya ga boros listrik tuh apa?"
S : "Oohh klo gtu DA*KIN Inverter ajah, ada yg 1/2 PK, listriknya bnr2 murah bu"
K : "Inverter tuh mksdnya gmn mas?"
S : "Inverter itu teknologi sejenis sirkuit konversi daya untuk mengontrol arus listrik, voltase, dan frekwensi sebuah alat. Inventer mampu mengontrol kekuatan pendinginan bu...tarikan pertama emg besar tp selebihnya itu berkurang 50 + 30%"
K : "Oohh gtu... wahh bagus tuh...mirip low watt yah? brp mas harganya?"
S : "Beda bu... klo low watt itu hanya permainan suhu aja bu... jd pada saat ibu pengen AC-nya dingin dgn suhu 18 misalnya, maka pada saat itu watt yg dgunakan otomatis lmyn lbh besar bu dibandingkan dgn suhu 22..."
"Klo low watt sih bukan teknologi bu mnrt saya...yg teknologi itu ya hanya inverter aja... lgipula emg scra logika, klo ibu pengen ACnya dingin pilihnya ya jgn yg low watt, klo ibu pilih yg low watt maka ibu harus siap resiko AC-nya jd krg dingin..."
K : "Oohh gtu mas.. jd klo misalkan ada AC yg dalam satu alat bisa utk 1/2 PK, 3/4PK, dan 1PK aja itu cuma permainan suhu doank ya mas...?"
S : "Betul sekali bu...ibu pilih 18 maka PKnya akan berubah jd 1PK otomatis tarikan listriknya jg akan menyesuaikan dan bgitu seterusnya"
K : "Oohhh gtu... jd mending ambil yg inverter donk yah drpd low watt?"
S : "Saran saya sih gtu"
K : "Trus brp harganya itu yg 1/2 PK DA*KIN Inverter"
S : "Murah bu cuma 3.8Jt"
K : "Ahhh ga masuk budget mas klo segitu, klo merk PAN*SONIC yg Inverter ada? brp harganya?"
S : "Ada bu... tpi mulainya dr 1PK... klo yg inverter 1/2 PK itu cuma ada di DA*KIN bu, selebihnya semuanya 1PK"
K : "Yaahh...kamarnya cm seuprit mas, kegedean klo yg 1PK mah.." :p
S : "Kalau saya saranin bu... drpd ibu cr yg low watt mending ibu pilih inverter aja, krn inverter itu emg bnr2 teknologi...trus klo ibu mau yg dingin tpi ga boros ya emg sulit bu... krn klo low watt ya resikonya itu krg dingin... tho itu jg cm permainan suhu doank bu...jd drpd beli yg low watt mnding ibu beli yg standar ajah"

Mulai deh si sales ini menawarkan berbagai macam type stdnya...
Dari sini eik dan pak cuami sdkt dpt pencerahan mengenai type AC... hmmm... mulai nyaman nih dgn si sales, pinter dan ga memihak... akhrnya kami mulai bertanya2 lebih jauh lagi... dan inti dr percakapan kami itu adalah :

1. Kalau memungkinkan hindari beli AC made in CH*NA
2. AC made in THA*LAND lebih bagus dibandingkan made in CH*NA
3. Kompressor (eh apa kondensor yah namanya) yg terbuat dr kaleng (stainless steel) lebih awet dan bagus drpd yg terbuat dari fiber
4. AC Inverter lebih bagus drpd Low Watt
5. AC Inverter yg ada 1/2 PK-nya cuma merk DA*KIN, selebihnya merk lain mulainya dr 1PK
6. Pilih AC yang layanan purna jual serta service centre-nya mudah dihubungi dan terjangkau, sehingga kalau ada masalah cepat dilayani (fyi, AC yg layanan service centrenya mudah dihubungi itu S*MSUNG dan LG dan yg agak sulit dihubungi itu adalah DA*KIN dan MIS*BISHI)
7. T*SHIBA sekarang sudah tidak memproduksi AC lagi
8. AC yang ada fitur antivirus, antibakteria dsb itu hanyalah fitur yg berfungsi dengan baik apabila kondisi AC-nya "sehat" terus. Apabila kondisi AC sudah tidak se-fit dulu (korosif, kotor dsb), maka fitur2 tersebut akan hilang fungsinya.
9. Kalau mau cari AC yang awet (long life), Pilih AC yang Anti Karat (Anti Korosif)
10. Kalau bisa hindari AC yang jenisnya digital, karena sensornya sering rusak
11. Sebaiknya AC di cuci dsb setiap 3 bln sekali untuk menghindari kerusakan lebih jauh
12. Merk PAN*SONIC memang dulu bagus (saat dulu merk-nya masih NATI*NAL) dan kompressor (atau kondensor-nya ;D) masih kaleng dan agak besar. Namun keluaran akhir2 ini kompressornya kecil dan terbuat fiber serta rakitannya made in CH*NA, sehingga daya kerjanya sudah tidak seperti dulu lagi.
13. Merk SH*RP, lumayan awet, tpi dinginnya lama
14. Yang paling dingin itu Merk L*, hanya saja perlu dipertimbangkan penggunaan listriknya
15. AC merk DA*KIN perlu diperhatikan tempat pembuatannya, karena setelah diselidiki ada yg dibuat di CH*NA dan juga THA*LAND, dan biasanya yg murah itu yg terbuat dri CH*NA
16. Lebih baik membeli AC yang std saja (tidak terlalu banyak fiturnya), karena cenderung lebih awet, contohnya aja AC di rumah2 dan kantor2 lama, karena tdk terlalu banyak fitur maka awet s.d sekarang.

Sebenernya masih byk lagi yg dibicarain, tpi eik lupitaa cyiiiinnn... hihihihi
Eh mungkin ada yg nanya, Beli AC aja ribet amat sih mak?!" yaaaa maklum deh tante om, duitnya cm seuprit dan msti dibagi2 ke berbagai pos, makanya jd super pemilih gini.. ;D

Yaaa... kurang lebih itu lah hasil investigasi eik dan pak cuami selama hunting AC kemarin...
Semoga bermanfaat yah pemirsa...Aamin...
Sekarang ayo tebak eik akhrnya jd beli merk dan type apaa?? *kali aja ada yg mau iseng nebak* :p

Oya, akhr kata mohon maaf yah kalau ada yg tersinggung karena postingan saya ini, krn ini mah sekedar sharing pengalaman aja...;)


Wassalam,

-Nella-

48 komentar:

Sebut saja dia dengan nama bunga mengatakan...

aku pake daikin inverter nyaris 24/7 nyala..tetep dingin di suhu 25 dan ga boros listrik :D

klo yg inverter emang ud buatan either china atau thai tapi QC nya masi ok kok..dan AC gw fitur nya standar blas huahahahahaha

plus outdoor nyaris tak terdengar..halus booook haluuuus smooth gicuw

Simply Nella mengatakan...

@Mak Sahi : Bener bangeeett mak, gw jg ngarep bgt tuh Daikin Inverter... tapi apa daya budgetnya kuhaaanggggg... :(

Sebut saja dia dengan nama bunga mengatakan...

iye..nyesek di harga awal..lebi muahal edan dr AC lain yg sejenis, tapi ya less maintenance, paling di bersihin doangan 1-2 bulan sekali..

ud setahun lebih tuh gak ada masalah apa2 masih dingin brr brr brrr

worth with money lah..nabung mak beliii!!!!

Selina Ayuningtyas mengatakan...

tinggal di malang aja kayak saya.. bebas dari AC.. listrik sebulan palink mahal 150ribu wekekkeke :P

Unknown mengatakan...

Mba katanya merk General bagus loh, soale sering dipake ditempat2 umum ky RS, deptstore, ato kantor2 gt. Tempat umum gt kan pasti nyari yg hemat tuh ya. Kebetulan drmh jg pakenya itu, tp emg udh kurang dingin lg krna emg aku dirumah kontrakan gini jd gtau riwayat pemake sebelumnya ky apa hehe

desieria mengatakan...

Antenel, aku di rumah sini Daikin loh, ish sebal karena ga dingin lagi. Akhirnya maintenance sama orang Daikinnya malah entah gimana kena tipu katanya suruh isi ulang freon masa harganya 600rebu iisssh mending beli baru aja tapi ga mau bukan rumah aku *pelit :(((

Aline mengatakan...

Waw...pas bener nih bahasannya. Sayah jg rencana pengen AC. Klo kata ipar sayah yg notabene kerja di m*tsubishi,semua merk AC sama bagusnya klo baru (ya iyalaaahhh), yg mesti diperhatiin adalah sparepartnya banyak atau ga n susah ga buat servisnya. Sebagus apapun teknologi ACnya tp klo layanan purna jualnya susyah atau jarang ada sparepartnya sayah rasa ntu samsjugbongs deh.
Klo dari sederet nama tadi sayah lebih pilih L*, n stuju say NO to S*msung, no recomend sih kata temen yg udh make. Btw, klo merek M*dea ada reviuw juga kah???

Anonim mengatakan...

Saya memakai L*. Baru 3 tahun sdh ga dingin. Kata tukang ac karena jarang di maintenance. Pdhl dibilangnya freon habis. Masa isi freon 3 hari 1x?! Dulu pake Shar* jaman bahuela, ga pernah ada masalah. Lagi bingung jg kl ganti mau merek apa. Hm :(

Anonim mengatakan...

Makasih mba Nella. Your review is highly appreciated. aku memang lagi hunting AC dan punya limitasi mirip2 sama mba nella.

Unknown mengatakan...

Tinggalkan jejak :D

Unknown mengatakan...

Postingannya menolong sekaliii. Kebetulan mau pindahan nih. Makasih yaa, jadi gak begitu dilema lagi dalam memilih AC ^^

www.tipsgraphdesign.com

RealWay mengatakan...

Sy pny kost2an sdh 2th berjalan. Pakai AC 1/2PK low watt semua 17kmr. 4 AUX, 13 Midea. AUX watt lbh bsr dkt dr Midea, tp AUX lbh dingin bgt dr Midea. Meski Midea jg dingin. AUX blm ada kerusakan. Rasanya Midea cukup awet. Namun utk pemakaian 24jam nonstop dan suhu dipentokin 17C trs, Ada 1 Midea yg sdh bocor evaporatornya lalu di las. 1 Midea kdg mati sdr dan Hang ga mau dipencet remotenya, LED cm kedip2. Katanya Termistornya rusak. Tp sy rasa Termistornya beku krn 24jam nyala trs pd suhu 17C. Kalau dimatiin bbrp saat, ntar normal lg. Katanya semua AC sk Termistornya rusak...

Sapi Lucu mengatakan...

Lg nyari AC jg bwt rumah baru n nyasar kmari.
Pengalaman sih drumah sekarang pke LG udah 10 thn baek2 aja. Nyala dari jam 7 mlm - 6 pagi tiap hari kecuali wiken bisa 24 jam kalo ga kmana2. Satu lagi AC pake merk China: International (bingung kan merk apa juga tuh) kalo ini karena dikasi nyokap, frekuensi nyalanya juga mirip, 1 PK juga. Cuma urusan irit atau ngga ya lumayan juga sih tiap bulan 600rb tagihan PLN.
Nah skrg ceritanya pengen nyoba yg ada fitur.neo plasma/plasma cluster atau apalah itu sih..tapi jd bingung jg stlh baca teknologi inverter ini.
Btw iya setuju itu Semsong paling parah..mosok yg lain tahan 10 thn eh dese 4 thn udah keok.

Febe mengatakan...

Thks infonya mbak. Sgt menolong. Aku akhirnya beli daikin 3 unit. Blom dpake sih smg bagus. Aku pake sharp inverter moso ga sampe setahun ganti kompresor. Udah gitu ga dingin banget lagi. Eh thyata temen aku jg ada yg ganti kompresor jg merk sharp jg.

Anonim mengatakan...

terima kasih mba, info yang menarik krn saya lagi butuh banget, ac pana di rumah cuma keluar sepoy sepoy, sudah bocor.. btw jadi ambil apa mba? di share donk..

Anonim mengatakan...

mantafff

thx infonya..

hargamesinportable mengatakan...

mantap sekali, perbincangan yang seru
hahaha
tapi intisarinya yang penting soalnya bermanfaat sekali itu mbak

Unknown mengatakan...

Saya menggunakan AC sesuai kebutuhan yaitu saat mau rehat di malam hari. Soap brand AC saya sdh coba beberapa yaitu Samsung lumayan umurnya sekitar 5 years. True pake sanken alhamdulillah sdh 6 tahun sekarang ganti Dast (mumer).
LG masih digunakan di ruang kerja. untuk Gree juga bandel sampai Semarang justru nggak bawel alias ngadat.
Pilihan saya cenderung type standard Karena life use nya lebih panjang. Rata 2 USIA AC dgn pemakaian 8 hours per day, baru merongrong after five years.
Yang utama maintenance aja tiap tiga bulan.

Unknown mengatakan...

Saya menggunakan AC sesuai kebutuhan yaitu saat mau rehat di malam hari. Soap brand AC saya sdh coba beberapa yaitu Samsung lumayan umurnya sekitar 5 years. True pake sanken alhamdulillah sdh 6 tahun sekarang ganti Dast (mumer).
LG masih digunakan di ruang kerja. untuk Gree juga bandel sampai Semarang justru nggak bawel alias ngadat.
Pilihan saya cenderung type standard Karena life use nya lebih panjang. Rata 2 USIA AC dgn pemakaian 8 hours per day, baru merongrong after five years.
Yang utama maintenance aja tiap tiga bulan.

Unknown mengatakan...

Saya menggunakan AC sesuai kebutuhan yaitu saat mau rehat di malam hari. Soap brand AC saya sdh coba beberapa yaitu Samsung lumayan umurnya sekitar 5 years. True pake sanken alhamdulillah sdh 6 tahun sekarang ganti Dast (mumer).
LG masih digunakan di ruang kerja. untuk Gree juga bandel sampai Semarang justru nggak bawel alias ngadat.
Pilihan saya cenderung type standard Karena life use nya lebih panjang. Rata 2 USIA AC dgn pemakaian 8 hours per day, baru merongrong after five years.
Yang utama maintenance aja tiap tiga bulan.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Uha Bahaudin mengatakan...

Keputusan ane, di bekasi harus pake daikin inverter, titik.

dokjef mengatakan...

Saya pake ac national 3/4 pk dari tahun 2003 sampai skg untuk kamar 3x4m, dan masih dingin.. ga pernah service pula.. untuk kamar lain, saya pake lg hercules mini 1pk untuk kamar 4x5, dari 2014, dinginnya agak lama, tapi irit.. ada fasilitas air purifier pula. Untuk kamar 3x3 saya pake lg 1/2 pk std, dingin, lebih cepat drpd yg 1 pk, dari tahun 2015 bln juni.. menurut teknisi gedung ditempat saya bekerja, perlu diperhatikan jarak indoor dan outdoor. Max 12m. Dan harus memakai 1pipa utuh, jangan disambung. Rata2 kalau beli ac dptnya cuma 5m, sebaiknya ga usa diambil, mending dibeli sesuai jaraknya. Saat ini saya sedang mempertimbangkan pasang ac di ruang 6x5 dan terbuka, kalau dihitung saya perlu sekitar 2pk. Namun saya disarankan teknisi n toko ac, untuk memakai daikin / panasonic 1pk, karena dirasa cukup dingin. Belum saya realisasi sih.. oya, saya 2x pakai canghong di apt, rewel, pertama karena ada sambungan di pipa outdoor dan indoor, jadi freon sering bocor, dan aliran air buangan sering tersumbat karena membeku. Yg kedua 1cukup dingin, tapi kalau di pakai terus menerus, sebulan bisa service 2x.. huhu.. dan menurut tukang servicenya, ac itu ga boleh sering2 isi freon, bisa rusak. Kalau service untuk membersihkan sih gpp. Di kantor saya pake ac general tua, masih dingin, kadang berisik, tapi gpp.. oya pemakain ac saya bisa seharian, selama ruangan itu ada orangnya.. bisa 24jam non stop.

Anonim mengatakan...

saya ikuta komen ya.

di rumah nyokap pakai ac lg std, 5 tahun pakai dengan service rutin akhirnya tumbang karena harus ganti kompresor, ganti kompresor baru via service center resmi dengan biaya 1/2 harga ac baru sekarang dah ok lg.

gak berapa lama 1 ac lagi lg lagi dengan jam terbang yang sama tumbang, akhirnya diputuskan ganti baru :)

pakai panasonic std, sekarang masuk tahun ke 6 masih ok.
pakai sharp plasmacluster sekarang masuk tahun ke 6 overal ok.

sekarang pindah ke rumah baru ;) untuk ac pilihan jatuh ke 3 unit ac daikin inverter 1pk + 1 unit ac sharp standar 1.5pk, daikin ini dasyat nggak pakai nyesel, rata rata pembayaran listrik di rumah 600 sd 700 rb per bulan, dengan asumsi ke 4 ac tersebut menyala bergantian.

Cost service ac overal sama ok, kalau kerusakan besar telp cs resmi aja, untuk cuci dan cek rutin bisa ke service biasa.

CMIIW ;)

wild mengatakan...

Pengalaman saya kalo merk P*nasonic dingin&bandel tapi srg jd sarang semut, kata tukang AC selama ini yg jd sarang semut cm merk itu. Terbukti di tempat saya merk yg lain aman2 aja, bahkan ketika ditukar posisi tetap semutnya suka AC itu, mgkn manis yaaaa... Kalo T*L sering tiba2 ga dingin, bikin stress. LG di tempat saya relatif stabil. Samsung & Sharp belum pernah. Sekarang saya pengen coba merk Daikin, konon katanya bagus....

rangga andriana mengatakan...

Saya juga lagi cari ac nih, tapi bingung kontrakan cuma kuat 900w, jadi harus 1/2 PK. Rencana sih kayanya emang daikin inverter yah..

cakra.buana.blogspot.com mengatakan...

Jd yang mana yang bagus???

sophie mengatakan...

Saya lg hunting AC .. butuh 1/2 pk karna mmg daya listrik cm 900 w dan ruangan pun kecil .. sebaiknya beli apa ?? Da*kin 1/2 pk atau L* ??? Mohon bantuannya ..

Titi mengatakan...

Waa pembicaraan yg saya cari nich..:)
saya pakai ac sha**dari tahun 2004 ini ac pas pemakaian 10 th masih oke tp 2 th belakangan kalau service harus isi freon coz berkurang jadi 40..:( tp rata"tukang service bilang kompresor sha**ini kuat jadi mau di ganti sayang gitu ...yg 1 lagi pakai panasonic baru 3 th da rewel ini itu sudah pernah di las juga bocor..skr bocor lagi..bocor lagi ..mau ganti tapi galau ganti merk apa ?? tukang service bilang ac skr gak ada yang kuat semua gampang bocor karena bahannya gak kayak dulu ...ada review blog ini dapet pencerahan juga ..kayaknya dai** inverter perlu di ulik"cari info lengkap ..:) oiya makasih ya dan salam kenal

Sheila Purnama mengatakan...

Menarik sekali infonya, Memilih pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) untuk dipasang di rumah terkadang membuat kita bingung. Banyak penawaran dan pilihan merek di pasaran dengan model dan harga yang menggiurkan. Saat memilih AC sebaiknya Anda juga mengerti sedikit fungsinya, supaya Anda dapat memilih AC yang tepat untuk Anda.

ac gree mengatakan...

memang terkadang kita sulit atau bingung untuk mencari mesin pendingin untuk kita pasang di ruangan, dengan banyaknya merek Ac, model dan harga yang berbeda, maka pilihlah dengan pilihan yang anda mau misalnya AC Gree yang sudah banyak digunakan.

Anonim mengatakan...

Sama neh lagi nyari AC yang siap nyala 24 jam n dapet baca2 artikel tentang AC di National Elektronik di Bintaro/Tangsel. Saran mereka juga Daikin Inverter. Owner nya juga aktif di sosmed.

AC Panasonic mengatakan...

Saya menggunakan AC Panasonic, Karena AC Panasonic walaupun desainnya sangat simple tetapi memiliki kualitas pendinginan yang efisien sehingga kita tidak ada penyesalan kalau memakai AC panasonic.

Unknown mengatakan...

Pke merk DA*KIN sj mom...memang hrgbya agak lbh mahal...tp sesuai koq sma kwalitasnya...lstrk irit pula..

jual grosir jilbab mengatakan...

makasih banyak infonya mbak Nella

Unknown mengatakan...

Ada yang pernah beli ac AUX .... mohon pengalamannya yaa... karena saya baru beli Ac AUX tipe ASW-05B4 ...

Harga freon r410a mengatakan...

Buat anda yang ingin membeli air conditioner sebaiknya harus mengetahui spesifikasinya terlebih dahulu, apakah sesuai dengan keinginan kita atau kah tidak. Karena saya pribadi seperti itu, banyak pertanyaan maka banyak juga kita pengetahuan. Dan akhirnya saya menggunakan ac daikin dengan freon r410a, alhamdulillah sampai sekarang ac saya dapat berjalan dengan baik.

Sinta mengatakan...

mengatakan...
aku pake daikin inverter fthv1 nyaris 24/7 nyala..tetep dingin di suhu 25 dan ga boros listrik :D

klo yg inverter emang ud buatan either china atau thai tapi QC nya masi ok kok..dan AC gw fitur nya standar blas huahahahahaha

plus outdoor nyaris tak terdengar..halus booook haluuuus smooth gicuw

jual ac gree mengatakan...

padahal sekarang merk china yang lagi bagus dan naik rating penjualannya itu ac gree, soalnya banyak fitur barunya di ac gree yang baru, yang jual ac gree pun sekarang udah banyak juga sih..

Mahrani Sarah mengatakan...

Memang agak sulit ketika kita tidak tahu tentang ac atau awam berurusan dengan barang elektronik seperti ini, memang seharusnya kt serahkan ke ahlinya hehe

Servis Ac Surabaya mengatakan...

Terima kasih informasinya, sangat membantu sekali. Servis Ac Surabaya

Elinda mengatakan...

Ada yg pernah beli Ac Aux inverter mohon infonya ya, soalnya sy Baru beli ini.

7haponi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Ada yg beli ac polytron neuva ice g...

Eka mengatakan...

Butuh info dan pas jumpa bahasan ini. Terimakasih

anyone mengatakan...

jangan beli ac Merk midea cpt rusak dan garansi jelek lama penangannya PARAH DEH, pengalaman saya sih. Thx 4 infonya

Unknown mengatakan...

Ac gree bgus gak ya mau beli msh ragu2.....apa.saya beli daikin saja ya thk

kandung mengatakan...

saya sdg bingung, remote ac di rs ini gk ada, ha ha.. dingin kali pula..

Posting Komentar

 
Blogspottemplate