Bahagia itu sederhana• Hidup adalah anugerah ☺ nikmati proses!

Senin, 23 April 2012

Hasil Cek Lab-nya Keluar

Alhamdulillah akhirnya cek lab saya keluar juga...
Wlopun ceknya bukan di tempat yang menangani saya wktu keguguran tempo hari (RS Meilia), Namun sy dan pak suami insyaallah yakin klo lab itu bersifat independent, jd dimana saja insyaallah sama hasilnya. So, brangkatlah sy n suami ke RS Islam Cempaka Putih.
Cerita bla..bla..bla...wktu pas kegugurannya sm pak dokter, trus berujung pada pertanyaan perlu atau tidaknya cek lab TORCH dsb. untuk mencari tau apa penyebab keguguran saya kemarin agar tidak terulang di kehamilan berikutnya.
Namun, pak dokter hanya berkata bahwa sebenarnya penyebab keguguran di usia kehamilan muda itu banyak sekali penyebabnya, sehingga agak sulit ditentukan apa penyebab pastinya.
Tpi, memang tidak ada salahnya sih jika pengen cek TORCH, ACA dsb jika memang tujuannya untuk mempersiapkan kehamilan berikutnya. Soo, akhirnya pak dokter merujuk saya ke lab untuk cek :
Umum : Hemoglobin, Lekosit, Hematokrit, Trombosit
Rutin : Urin Lengkap
Diabetes : Glukosa Sewaktu
Penanda Hepatitis : HBs Ag
TORCH : Anti toxoplasma Igm, Anti Toxoplasma IgG, Anti Rubella IgM, Anti Rubella IgG
ACA : IgG dan IgM
Aiihh...banyak sekali sepertinya...*dalam ati mikir ini pasti mahal deh :p
Dan ternyata benar aja dunks, tes segitu banyak berhasil menggesek kartu kredit pak suami sebesar Rp. 1,848 Jt... Iishhh mahal deh, untung aja masih dganti kantor... coba klo engga, mikir2 dlu kali ya...hehe *ttp ye ngirit :p

Test tanggal 14 Apr diambil urin n darah, selesai tanggal 17 Apr, tpi bru diambil tggl 21 Apr...
Dan gimana hasilnya :

Alhamdulillah semuanya normal, tapi ada 3 hal yg dibold oleh lab-nya :

1. Anti Toksoplasma IgG : 64.30 (+) Positif
Aviditas Toksoplasma IgG : Past Infection
Anti Toksoplasma IgM : 0.74 (-) Negatif

2. Anti Rubella IgG : 400.54 (+) Positif
Aviditas Anti Rubella IgG: Past Infection
Anti Rubella IgM : 0.22 (-) Negatif

3. ACA IgG : (-) Negatif
ACA IgM : Indeterminate

Catatan Lab : Evaluasi kembali ACA, Toksoplasma dan Rubella satu bulan kemudian.

Langsung donk brosing untuk mencari tau apa artinya itu semua....
Dann....Jleger!! tau ga artinya apah??

Point (1) dan (2) Ternyata saya dulu pernah terinfeksi Virus Tokso dan Rubella, namun alhamdulillah virus itu skrg udh jadi antibodi... hanya Past Infection saja...

Trus Point (3)... nah ini nih yg kemungkinan menjadi penyebab keguguran saya... menurut hasil brosingan DISINI dan DISINI ternyata Kadar Kekentalan Darah saya itu diatas batas ambang normal, dan kemungkinan sebagian besar BO itu disebabkan oleh kekentalan darah.

Jadii...menurut prediksi saya (belum disah-kan oleh dokter) berdasarkan hasil lab, usia kehamilan, dan kondisi psikis serta besar-nya buncit perut pas hamil, kynya saya itu bnr2 Blighted Ovum atau Janin Ga Berkembang deh, karena Kadar kekentalan darah saya di atas ambang normal.
Astghfirullah...trnyata ketakutan dan kekhawatiran saya pas awal2 hamil itu benar kali nih... Saya Blighted Ovum. Ihh... insting saya sbg ibu wktu itu udh jalan yah... pantesan aja kok kynya saya ketakutaaann bgt dgn Blighted ovum, trnyata mmg kehamilan saya kemarin itu BO (ini klo prediksi saya benar sih).

Oya trus kaitannya sm usia kehamilan n besarnya perut itu apa hubungannya yah?? hehe...
Jadi... sebagaimana postingan pregnancy saya terdahulu, bahwa usia kandungan saya yang sulit diprediksi di awal2, ternyata ini salah satu cirinya, memang sih jadwal mens saya wktu itu ga teratur, tpi bukan berarti sulit diprediksi... nah klo pada kasus saya itu, smp dgn usia kehamilan 6 minggu lebih, baru usia kehamilannya muncul di mesin USG, itupun ternyata beda 2 minggu.
jadi kemungkinan yang membesar dari ke hari itu hanyalah kantung kehamilannya tok'.
Akhirnya sampai dengan usia kehamilan 9 minggu 5 hari, ternyata kantung kehamilannya masih berusia 7 minggu 2 hari, disinilah akhirnya tubuh berusaha mengeluarkan janin yang tidak berkembang itu, karena memang tubuh kita itu Subhanallah punya alat pendeteksi canggih yang akan secara otomatis membuang zat2 atau bagian dr tubuh yang tidak baik apabila ttp dipertahankan berada di dlm tubuh. Jd itu hubungannya.

Lalu gimana dengan besarnya perut...nah ini dia menurut hasil brosingan lagi...jdi perut saya itu (menurut saya dan suami) besarnya terlalu over buat usia kehamilan yg di bawah 10 minggu, liat aja deh...



Udh njendul bgt kan yaaahh??? pdhl masih 6 mingguan lho saat foto... :D
Nahh...selidik pny selidik trnyata pada kehamilan BO, rata2 pada begitu, peyutna tumbuh lebih besar drpd hamil normal, eits tpi bukan berarti yg buncitna over itu BO yah.. i never say that.. cuman ya gitu deh intinya...xixi bingung mau deskrispsiin ky gimana.. :p

Hhh ya sudalah back to the topic....Alhamdulillah...skrg udh tau hasil test-nya...
Tinggal follow up dan konsul lagi ke dokter buat memulai program berikutnya... ;)
Smg Allah mempercayai kami lagi untuk menjadi orang tua....

Smg semua pasutri yg membaca blog saya ini, segera dikarunia kehamilan dan buah hati yang sehat dan normal...dan yg lagi hamil juga diberi kesehatan dan kelancaran dlm menjalani proses kehamilannya... Amiinnn Yaa Rabb... ;D


PS : Buat para dokter yg baca, CMIIW yah klo hipotesis2 saya di atas salah...hehehe..mklum ngambil dr sumber sana sini.com ;p


^__^

14 komentar:

Ny Koes mengatakan...

amiiiiiiiiiinnn *paling kenceng* xixixixi

darah terlalu kental, salah satu sebabnya karena kurnag minum say (salah satu yaaahh,,mungkina da sebab lain)

soalnya dulu gue jg gt, ketauan pas nyoba donor darah, wlp jarumnya uda masuk tp darahnya ga ngalir2, hehehe
kt dokternya karena darah terlalu kental en disaranin banyak minum air putih

so, yg namanya 2liter/hari itu wajib banget deeehh ^^

moga cepet hamil lagi yaaaaa (gue jg tentunya) amiiiiiiiiinnn ^^

Simply Nella mengatakan...

Amiinn Yaa Allah.. ;D
Iya say bisa jdi kek gtu penyebabnya, makanya btuh konsul lg nih ke dokter, biar dikasih obat n antisipasinya...hehe...
Yuks ahh sm2 slg doain... :*

Sebut saja dia dengan nama bunga mengatakan...

AMIIIN!!! *ga kalah kenceng dong gw tereaknya*

ACA positif? genetik atau cm krn kurang minum? klo genetik biasanya kehamilan selanjutnya harus rajin minum ascardia atau pengencer darah lainnya biar ga terlalu kentel lagi darahnya..eh cmiiw yak..

diambil hiikmahnya aja BO itu bukan kesalahan ibu atau bapaknya kok..jadi tetep semangat ya usaha buat bikin lagi yang baru! ^_^

btw peyut gw segede gitu baru pas 5 bulan loh *salah fokus abis*

Simply Nella mengatakan...

Emg bisa dicari tau ya nyah pnyebabnya genetik atau kurang mnum?? caranya gimenong?? gw blm ke dokter sih...bru skdr hasil lab... Smg aja kehamilan berikutnya sehat djaya...Amiiinnn... :D

Eh soal perut, iye tuh gw jg bingung bawaan dr sononya apa gimana... hehe :p

mama gia dan sal mengatakan...

Aamiiinnnn....

wah buncit berlebih itu tanda BO yak ternyata,, trus gimana kabar gw dong? normal gak yak buncitnya gw?? *gelisah*

jadi gak sabar pengen cepet2 sabtu nih jadwal gw ketemu buk dokter, semoga gw gak lupa tuk nanya soal si perut buncit ini :)

tetep semangat nel ama ny. koes bikin anak nya :)

R and R mengatakan...

aamiin... smoga sehat-sehat yaa nel :)
waduh jd penasaran pgn nyoba jg...
tes itu mesti di RS aja apa bisa di lab-lab macam prodia gitu nel?

Simply Nella mengatakan...

@ Bumil Ulan : Ahh...dun worry be happy say... ga semua bgitu kok... dan gw liat buncit lo msh std2 aja, ga ky gw tuh over bener..hehe..
Yang tenang ya mom... psikis bumil ga boleh trlalu mikir...Tawakal aja dan slalu positif thinking... Klo rezeki ga kemana kok... Amiin...Smangaatt!! *peyuk*

@ Ratna : Amiinnn Yaa Rabb... tesnya bisa jg say d prodia cuman mungkin lbh mihil kali yah...eh ga tau jg deng...hehe...
Smg kita semua cpt dikaruniai baby yah say... Amiin Allahumma Amiin... :)

Zilha mengatakan...

amiiiiiiiiiiiin *teriakan gue yang paling keunceng kayanya :D*

insya Alloh sehat yah nel, ayoo segera ditanyakan ke yg ahli gmn cara penanganannya.. *aniiiis tuluung dibantu hahaha*

amiiin, smg semua para blogger yang pengen cepet hamilton, segera diijabah dan diberikan kepercayaan sama Alloh di waktu yang paling tepat pastinyaa.. *ciuuuuuuuuuum dl aaah :*

ndhachiyo mengatakan...

hayoooo produksi lagii ahhh.. xixixixi,

iya klo aca tuh minum ascardia, nanti klo insya allah bulan depan hamiltong dibawa hasil nya yah dan bilang pernah riwayat BO, jd bs ditanganin dgn khusus..ceilaah bahasanya..

Nitya mengatakan...

Selamat ya Nella atas kehamilannya :)
ikut seneng dehh! Hehehe
Nella, aku mau dong masukin ke grup BB Bridezilla :)
Kayaknya asiiik ehhehhee
email aku ya: nitya.krisnantari@yahoo.com

desieria mengatakan...

Mba Nella, semoga programnya cepet membuahkan dedek lagi yaa..
semoga dgn hasil test ini bisa ketauan apa aja tindakan2nya hehe...(apalah aku ini :) )...
semangat bikin dedeknya #loh :D

Gita mengatakan...

Hallo nella, dapet link blog ini dari blog temen :)
aku juga pernah BO (usia 6 minggu) dan pas kehamilan kedua keguguran lagi (usia 14minggu)..
waktu pertama keguguran aku test ACA hasilnya negatif, pas keguguran kedua karena janin sudah besar (masuk trimester kedua) tiba2 meninggal dokternya langsung curiga kalo ada kekentalan darah...
saran aku, lgsg cek2 ke hematolog (dokter ahli darah) :) di keguguran yg kedua kmrn, obgyn aku lgsg rujuk ke dokter ahli darah, krn kasus kaya gini udah ga bisa dipantau oleh obgyn aja katanya, hrs barengan sama hematolog..
semoga cepet dikasih kepercayaan lagi yah nella :)

Simply Nella mengatakan...

Amiinnn...Makasih ya gita... smg kita berdua cpt dikasih kpercayaan lagi...amiinn..
Btw...klo boleh tau dulu dr kgugurn trus hamil kedua brp lama say?

Gita mengatakan...

sekitar 6-7 bulan.. sempet nunda dulu sekitar 3-4 bulan setelah keguguran pertama.. 3-4 bulan setelah nunda hamil lagi..
Oiya, just share, utk kasus kekentalan darah, kalo hamil lagi ga cukup dengan banyak minum air putih aja :( harus minum obat, ada yang sampe harus suntik tiap hari, tapi katanya ada juga yang berhasil pake metode food combining.. perjuangan buat punya anak emang luar biasa yah.. hehehe.. semangat :D

Posting Komentar

 
Blogspottemplate