Bahagia itu sederhana• Hidup adalah anugerah ☺ nikmati proses!

Kamis, 12 April 2012

Belum Rezekinya...

Eh akhrnya posting crita2an lagi nih...
Hehehehe...maafkan yah saya yg udh agak lama ga posting yg 'ga' bermutu...#lho ;p

Alhmdulillah minggu ini udh berkurang sedih2annya krn cobaan beruntun yg menimpa aku dan keluarga mggu2 kmrin...dan insyaallah siappp menyambut dunia luarr deh skrg...
Thanks to All families and friends for all your pray n support.... means a lot to me.. ;)
Terutama buat bu dokter Anis, yg slalu nanyain progress feeling saya dari hari ke hari... aahhh sgt support skali sih dirimuuuuhh... sini sini cipok basaaahhh... :* ;D
Buat tmn ktr yg slalu 'ramee' bkin saya ga ngrasa hampa n kesepian dr hr pertama masuk ktr lagi...wlopun ttp aer matanya ngerembeess... :D
Buat kluarga yg slalu dtg k rumah ....dan slalu berujung saya nangis di bahu mereka...
Buat suami luar biasa...yang...aaahhhh... ga bs dcritain gimana supportnyaaah dia smp skrg inih...
Makasiihh...makasiihh...makaasiihhh...
Love u all...
Alhamdulillah berkat support dan doa kalian, saya udh bisa senyum dan ketawa lagiiiii...
Dan skrg siappp berbisnis...#eh... ;D

Trus skrg mau nyritain apa??
Bingung jg nih byk yg mau dcritain tpi msh blm smpet2 nulis....mklum ga masuk ktr 2 mggu-an, bgitu masuk lsg closing dan peralihan systemm jd sbukk cingg...#wwaaaaseekkk gayanya ;p

Yo wes skrg nyritain ttg detik2 saya keguguran dlu aja deh yah...
Nti yg laennya menyusul... *ky ada aja nel yg nungguin :p

Soo..ini dia kronologisnya :

Jadi, hr kamis tanggal 22 maret 2012, saya dpt kabar klo mai mamih sakitnya mkin parah dan udh ga bisa dirawat di rumah lagi, beliau minta ke RS lagi aja, minta di rawat inap di RS krn menurut beliau udh ga kuat nahan sakitnya lagi (sakit bgt)...so, sy yg saat itu lagi asik asiknya kerja, lsg shock dan nangis ditempat takut mama knp2 trus pulang ke rumah mama buat bawa mama ke RS (krn beliau ga mau di bawa sm org laen). Abs itu lanjut nungguin mama di diagnosis smp akhrnya rawat inap. Abs dpt kamar, selanjutnya aku seharian nungguin mama di RS.

Diagnosis pertama (menurut aku) : Aku kecapean dan shock.

Jumat, tanggal 23 maret 2012, pagi2 dateng ke RS buat gntian shift jagain mama di RS sm pak suami... slesai suapinin mama dan bersih2in mama smp mama tidur, trus keingetan klo pak suami belum gnti baju dr kmren (msh pke baju kerja, krn kita ga smpet plg ke cbubur buat ambil baju), smp akhrnya aku tinggalin mama bentar buat cari clana n kaos suami juga beli charger-an BB...
Karena ga mau ninggalin mama kelamaan sendirian di RS, akhrnya aku n pak suami buru2 pergi naek motor, ngelewatin jalanan yg super duper jueeleeekkk bgt... n parahnya pak suami rada ngebut pulak... trus nemu gajlukan yg rada tinggi, n pak suami ga smpet memperlambat.... asli smp hmpir lompat saya dr motor... Alhmdulillah msh safe, krn suami lsg ngerem.
Lalu lanjut ke pasar, buat beli clana, kaos, dan chargeran BB... mutar muter jln kaki smp akhrnya beli yg sesuai keinginan...
Setelah beli yg sesuai keinginan, trus lanjut ke RS lagi...smp RS msh sntai2 ga ada gejala mules atau sakit perut apa2... n lanjut nungguin mama.
Smp pas mau sholat zhuhur, ke kmr mandi trus ngeliat ada flek darah di celana, asli shock seshock2nya, malah ga ada pak suami lagi krn sholat jumat....yg ada lsg komat kamit baca doa smg si baby ga knp2 di dalem dan ini hanya flek biasa.

Diagnosis kedua (menurut aku) : Guncangan hebat krn Naek motor dan kecapean

Begitu pak suami selesai sholat jumat, lsg ngadu smbil nangis n ngajak cek ke obgyn yg ada di RS yg sama, sayangnya obgyn ga ada yg praktek hr itu (krn hari libur nasional, smua spesialis libur). Otomatis mulai panik, ga bisa cpt ditanganin, trs telp RS Islam cempaka putih, RS Mitra keluarga gading, RSIA cikini, RSIA KMC, RSCM, semuanyaaa ga ada obgyn yg praktek...semuanya liburrrr... alamaaakk, saya tmbah panik...tmbh nangisss kejer... smbl terus berdoa... untungnya udh ada adik saat itu, jd akhrnya pamit ke mama mau keluar sbtr trus minta adik jagain mama, tp ttp titip pesen ke adik untuk ga ngasih tau klo aku flek, takut mama kepikiran.

Dari RS mama trus lanjut ke RS Mitra Keluarga Klp Gading krn setelah saya telp, trnyata diRS ini ada VK-nya (UGD buat kehamilan gtu deh) dan obgyn-nya wlo ga ada yg btugas saat itu tp (katanya) bisa di oncall cepet,, mluncurlah saya n pak suami kesana...
Smp sana lsg ke UGD trus tiduran...dicek dokter, trus dokter nanya apa ada rasa mules dsb, lalu saya jwb tidak ada, cuma flek darah aja... dokternya trus liat flek-nya, dan menurut bu dokter itu sepertinya gpp, krn fleknya dikit dan ga ada rasa mules.
Trus aku minta dikasih penguat, dan inilah moment2 awal ke-ilfil-an saya thd RS tsb...Si ibu dokter UGD itu blg klo dy ga bisa smbarangan ngasih penguat, klo penyakit lain dy masih bisa handle, tpi klo khamilan hrs obgyn yg bertindak...dan obgynnya drtd cb di oncall tpi ga ada yg jawab....semuanya susah dihubungi... mungkin krn libur libur long wiken jd dokternya pada liburan.....Damn! Kok ga sesuai yah...katanya bisa cpt di oncall...mana????? Emg sih itu liburan, tpi mbok ya standby dunks teleponnya... Errr... esmosi...
Akhrnya setelah brkali2 obgyn-nya ga bisa2 dhubungi, dokter UGD tsb nyaranin aku sbaiknya ke RS tmpat aku biasa control, spy bisa cpt ditanganin...What???? Lo nyuruh gw ke cibubur dlm kondisi bgini???? boro2 dtanganin, dbersihin kek flek darah gw, atau diapain kek, ini gw didiemin aja sruh tduran....Ini keilfilan saya kedua...

Akhrnya yo wes, krn pgn cpt dtanganin, akhrnya saya ma suami lsg telp obgyn sy di RS Meilia cibubur brharap saya dikasih obat penguat gtu...alhmdulillah dokter bisa dhub dan dy nyaranin klo cm flek aja mnum Duvadilan dua kali setengah.

Baru mau beli tuh obat...tiba2 kepengen pipis...daaaaaaaaannn di kamar mandii.... keluar-lah darah dgn deraaaassssnya.... :'(
Panik...nangis...stresss...sedih...semuanya campur adukk...
Langsung balik lg ke UGD, blg klo kali ini ga cuma flek, tpi udh bleeding deras....
Akhrnya si dokter cb contact obgyn lagi... dan saya disuruh tiduran... (lagi2)
Satu jam kemudian akhrnya ada jg obgyn yg bs dcontact... beliau ngasih advice kasih suntikan penguat dan Duvadilan setengah... abs itu saya disuruh pulang (teuteup ga boleh rwt inap donk, krn ga ada obgyn *ini keilfilan ketiga*)...

Krn udh gendek bgt, ga boleh bedrest di RS ini, akhrnya saya nekat sm pak suami naek taksi ke RS Meilia Cibubur....dgn ttp komat kamit brdoa spjg jalan...

Sampai dsana....Booowkk..asli beda bgt pelayanan di RS Meilia ini...
Begitu smp sini, eik lsg ddorong pke kursi roda, ke UGD-nya, smp UGD bgitu tau aku pndarahan, lsg suster2nya sigap bawa sy ke bagian VK-nya...smp sana darahnya dibersihin...dibukain CD-nya...dan disuruh tiduran... Lalu kemudian yg lebih jempolan lagi, bgtu telp obgyn-nya...tuh obgyn lsg ngangkat telp-nya *wlopun hr libur*...! Saluuut...!!!
Udh gtu ga perlu dunks pak suami daftar2 lagi ke bgn pndaftaran, semuanya suster yg ngurusin, suami tinggal bayar aja... Ahh topp deh RS Meilia!!

Dsana saya di observasi, klo pendarahannya udh stop dlm wktu satu jam, sy g perlu rwt inap, cukup dikasih penguat dan hrs bedrest di rumah....
Tapi selama satu jam itu, darah terus aja ngalir.... smp akhrnya suster lapor ke obgyn by phone, dan diputuskan sy hrs rwt inap (bedrest) di RS.

Mulai dr sini, saya sudah mengikhlaskan diri untuk melepas Kakak Nal... krn mmg darah tidak berhenti2 ngalir....

Keesokan harinya sabtu 24 Maret 2012, saya totally bedrest di Meilia, menunggu obgyn visit buat liat si kakak masih ada atau tidak... trnyata Alhamdulillah saat itu, si kakak masih trlihat di mesin USG ukurannya 1.98cm... dan menurut dugaan sementara sang dokter, si kakak bukan BO (Blighted Ovum/Janin ga berkembang) krn trnyata ia berkembang... lalu bu dokter nyuruh saya untuk ttp positif thinking dgn menceritakan bhw ada pasiennya jg yg pendarahan hebat smp 300cc sehari tp krn emg janinnya kuat, alhmd brtahan... jd beliau minta saya untuk ttp berdoa, positif thinking, daaann tidak boleh byk gerak... bhkn duduk-pun saya tidak diizinkan.. untuk lihat perkembangan esok harinya.

Sepanjang hari sy teruuusss di observasi, dikasih penguat, namun ttp darahnya tidak berhenti keluar.... smp malam harinya, saya ngerasa badan pd kraaam smuaaa....sakitt...ngiluuu...di sekitar perut, tlg belakang, dan pant*t....brgerak aja rasanya sakiitt bgt.... trnyata yg sy rasakan ini adalah Kontraksi hebat....tp herannya pagi2nya....tiba2 kok ga ada rasa sakit itu sama sekalii..! Ga ada kontraksi sama sekali....!
Sampai akhrnya, panggil suster klo sy minta pipis...(pipis aja saat itu msti di pispot, krn sy tdk diizinkan utk berdiri)...
Begitu pipis...tb2 'plung'... ada segumpalan darah 3cm-an ikut keluar bersamaan dgn pipis...
lalu susternya ambil itu gumpalan kemudian di foto2...
Dgn tidak menunjukkan wajah paniknya dan berusaha menenangkan, sang suster blg "Sy cb tanyakan dulu ya bu ke dokter, ini gumpalan apa? bisa jadi ini hanya gumpalan darah beku saja"
Tpi ttp statement itu membuat saya panik... takut2 kalau itu adalah si kakak...
Dan ternyata....stgh jam kemudian, susternya kembali lagi ke kamar...

S : "Bu...trnyata benar ini sudah keluar semuanya..."
N : "Maksudnya??"
S : "Emm..benar ini janinnya bu, janin ibu sudah keluar...dgn semua jaringannya... ibu abortus komplit...janinnya sudah keluar semua dgn semua jaringannya"
"Yang sabar ya bu...mungkin smlm ibu ngerasa kram dan ngilu itu, pd saat itulah janinnya keluar dr rahim, cm masih di jalan lahir, dan begitu pagi pas pipis, baru janin ibu keluar semua"
"Dan sekarang, krn janin ibu sudah keluar, ibu sdh diperbolehkan pulang"
N : "Oohh...saya ga perlu kuret lagi sus?"
S : "Menurut dokter ibu abortus komplit, jadi ibu ga perlu dikuret, krn emg jaringannya sdh keluar semua"
Cm agar rahimnya bersih ibu akan diberi obat dan antibiotik, nti dihabiskan ya bu"
N : "Alhamdulillah ga perlu dikuret....krn emg sy takut bgt sm kuret sus"
S : "Engga perlu bu, kata dokter"
N : "Trus klo abortus komplit n ga perlu kuret, butuh wktu brp lama sus, untuk bisa hamil lg?"
S : "Bisa langsung kok bu, klo rahimnya sudah bersih"
N : "Alhamdulillah...makasih ya sus"
S : "Trus ini gimana bu, janinnya, mau dibawa?"
N : "Iya sus saya bawa aja"

Daanggg!!! Trnyata benar si kakak!
Pada saat dgr pertama kali...masih biasa aja... brharap sy udh ikhlas 100%...
Tpi bgitu suasana sepi lagi (si suster udh keluar dr kamar)....Meweek...semewek...meweknyaa...!
Sedihh..sesedih...sedihnyaaa.....

Benar kata org, keguguran itu sakitnya melebihi org lahiran...tau knp??
Karena klo lahiran sakit wajar, tpi endingnya happy krn bisa melihat si baby keluar dr perut, nah klo keguguran, udh sakit kontraksi rahim jg.... sakit pula krn kehilangan si baby... :'(

Tiap pagi slalu nangis, liat tespek-nya nangis, liat foto usgnya nangis, liat foto perut nangis... ahh pkonya mantebb deh sedihnya saat itu....
Tp alhamdulillah berkat dukungan pak suami luar biasa yg slalu mendampingi saya... it only takes 3 days till i get back to a normal feeling... :D
Dan lanjut nungguin mama di rumah sakit lagi....

Sekarang saya fully 100% ikhlas.... Mungkin memang BELUM REZEKINYA...
Mungkin saat itu, sy harus ngurusin mama dulu...mungkin masih dsuruh pacaran dulu....mungkin masih dsuruh nabung dulu...hehehe...
Intinya saya percaya Allah akan memberi di saat yang tepat...di saat kami membutuhkan sang buah hati... bukan di saat kami menginginkan sang buah hati....
Rencana Allah pasti indah kok... Allah sudah menakdirkannya, bhkn di saat kita masih belum dilahirkan.... jadi jalani saja.... Tawakal...
Alhamdulillah dikasih tabungan buat di akhirat.... :)

Oya, trnyata setelah 3 hari saya keguguran, menurut info Dr Annisa seharusnya janin-nya itu diteliti di laborat dulu (jgn di bawa plg) untuk dicari tau penyebab kegugurannya apa, etapi malah saya bawa plg trus kubur,,, hehe... mklum lg sedih bgt saat itu, smp ga bisa mikir jauh gtu deh...
Soo..plajaran nih buat ibu yg mengalami keguguran, janin n jaringannya ga ush di bawa plg yah, biar diteliti di laborat RS utk dicari tau penyebab kegugurannya apa...apa krn kekentalan darah, virus tokso etc.
Daan...karena ke-dodol-an saya itulah...smp saat ini saya belum tau penyebab persisnya saya keguguran itu apa? cuma diagnosis menurut saya, jika bukan krn BO (Blighted Ovum), yaitu kecapean, guncangan motor yang luar biasa, dan pikiran.
Rencananya hr senin tanggal 02 Apr kmrin itu jdwal sy control untuk tes tokso dsb, tpi ternyata dpt ujian lagi dgn meninggalnya neneknya kakak nal... jadi blm smpt2 deh...
Smg mggu dpn ada wktu senggang, jd bisa kontrol utk tes2 sgala mcm, skalian liat apakah rahim sy udh bnr2 bersih, dan siaapp 'dihuni' oleh adiknya kakak... ;D

Doain ya manteman... Smg bisa segera hamil lagi dan sehat2 selalu smp saatnya lahir ke dunia...Amiiinn Yaa Rabbal Alamiinn...

Oya... saya lupa ucapin terima kasih juga buat Bumil Wandha... buat semua support, doa n info2nya selama saya mengalami situasi genting inih.... Maakassoooyy bumillll... sehat selalu buat si kakak yaaaahh... Amiiinnn ya Allah... ;D



^__^

9 komentar:

ulan mengatakan...

huhuhu nangis sayah bacanya :((

lo hebat baget nel, bisa tetep tenang dan gak panik saat tau yang keluar itu kakak nal, kalo gw pasti udah mewek2 gak berenti deh.

semoga test nya berjalan lancar dan cepet dikasi dedek nya kakak nal :D semangattt

besinikel mengatakan...

gue selalu sedih pake banget setiap denger cerita keguguran. hiks hiks.

semangat Nella & Suami!

Koesoemo Widodo Family mengatakan...

hiks..maaf ya dear,,gue ga berani baca detail
soalnya kl gue baca detail pasti nangis mulu...

sabar ya say...dan ttp semangaaatt buat bikin lagi ^^

Dedee mengatakan...

Nella... Be tough yaaa...
Mewek nih baca storynya... :p
Semoga bisa cepet dapet adek nal lagi :)
C3mungudh aeaaaa... :D

InkAmanda mengatakan...

Ya Allah dirimu bener2 kuat ya Jeung Nella, ditinggal dalam waktu yang berturut2 gitu..
Insya Allah semoga kaka Nal en Ibunda dikasih tempat terbaik di sisi-Nya terus dirimu cepet hamil lagi yaa, amiiiiiinnnnnnnnnn.. :)

T3sy4 mengatakan...

Sabar y mba Nella, setelah cobaan2 ne Mba Nel pasti akan mendapat hadiah yang sangat2 istimewa dari Allah, amien....

keep spirit ^^

Zilha mengatakan...

peluuuuuuuk nellaaa.. seeemaangaaat... :*

Sebut saja dia dengan nama bunga mengatakan...

pukpuk nella *mewek*

Rere mengatakan...

semoga Allah SWT segera memberi kesempatan hamil lg ya.. ttp semangat ^^

Poskan Komentar

 
Blogspottemplate