Bahagia itu sederhana• Hidup adalah anugerah ☺ nikmati proses!

Senin, 03 Februari 2014

Persiapan Awal MPASI Abang Fakhry

Apaaaahh?? Udh mau MPASI...???
Iihh cepet bgt sih anak bayi ibu gedenyaaaa...perasaan baru kemaren aja gtu ibu nangis2 krn p*t*ng lecet wkt nenenin kamu... kamu buat ayah ibu begadang...gantiin popok... kok tau2 udh mau 6 bln aja sih sayaaaanggg?? time flies so fast yah.. anak ibu udh mau bujang ajah...bentar lagi ngawinin deh ibu.. #eehh_kecepatan_ini_sih_ngayalnya :p

Well sebenernya anak bayi ibu baru 5m1w sih...hihi... tapi ibunya udh antusiiiiaaassss bgt nyiapin semua printilan MPASI-nyaa..hohoho..Trus ilmu2-nya gimana??? Udaahh baca doonkkkk... *sombong*
Tapiiiiii... baru 1 bukuuuu...bwahahahahaa... ;D
Ya kan abisan ibunya takut bingung klo kebanyakan baca referensi sana sini *halasan*... jd yah Bismillah aja deh baca dari satu sumber aja... Bukunya Dr. Tiwi yang Judulnya "Sehat Lezat"...
Menurut gw sih nih buku rekomended bgt... ga cuma skdr kebanyakan buku2 MPASI lainnya yg cuma kebanyakan ngasih resep2 menu doank.. buku ini lumayan mudah dipahami oleh ibu2 ga terlalu muda yg baru belajar ngurus anak... simple but meaning!...tsaahhh... ;))

Kaya gini nih penampakan buku-nya...

Tapi wlopun gw cuman gunain 1 buku sbg referensi pokok.. ga berarti gw bakalan plek..plek.. gunain semua elmu dari buku itu sihh.. yaaaah paling gw sok2an combine comat comot elmu dari sumber2 lain jugaaa yg bermanfaat...bhihihiiikk.. wes pko'e ambil yang baik2nya trus pasang aji pamungkas "DOA" aja deh... Semoga anak lanang saya nti Doyan semua makanan (ky emak bapaknya), makannya lahap, ga alergian, dan makin sehat dan kuat... Aamiinnn Yaa Rabb... ;)

Trus berarti sekarang udh siap donk untuk Hari H??
Yahh wlopun belom 100% siyapp (karena msh belum punya bbrp barang yang menurut gw diperluin) tapi overall gw udh bisa ngejawab pertanyaan2 ini sih :

1. Dimana? Di Rumah mertua donkk.... hahhahaa... secara yeh eik lg ngungsi dimari cyinn (soal ini akan diposting terpisah yah, klo sempeeedd :p)

2. Duduk Dimana? Naahh... dr awal gw sm pak suami sepakat utk membiasakan anak untuk makan duduk, jadiiiii... beli High Chair donk nel??? Oohh tentuuu tidaaaakkk...!! Hihihii... belum sanggup cyiinnn... Gw baru mampu beli Bumboo Table Companion doank... hohoho... Inipun tujuan awalnya beliin karena si bayi udh minta duduk mulu (padahal belom bisa), alhasil belilah tuh ploduk... Alhamdulillah belinya lg diskon di olshop Sweetmomshop, lumajannn hemat dr 800rb jd 600rb ajah udh dapet bangku buat belajar duduk plus kaki2 high chair n tray makannya... ;D


3. Kapan? Karena si anak ganteng pas 6 blnnnya itu di hari kerja Senin 24 Feb'14, jadilah emaknya kepinteran memajukan jadwal MPASI perdananya, yaitu hari Sabtu 22 Feb'14 atau pas umur 6 bln krg 2 hari... Ini juga atas request bapake juga sih yg bersikeras pgn nyuapin anaknya... :p

4. Siapa yang menyuapi bayi? Bapaknyaaaa donkkk.... hahhahaa...
Lha kok?? Iyeehhh bapaknya anak ganteng emg suka ga mau kalah cyin soal hal "pertama" si bayik... jadilah dia request klo nti dia yg mesti pertama kali nyuapin anaknya... -__-

5. Apa makanannya?
Naahh yg ini sempet galau... diawal2 pengen nyobain buah aja dulu, tapi setelah mendalami elmu lebih dalam lagi tpi kynya ttp ga dalem2 amat... Jadilah dipilih Bubur Beras (Serealia). Ini juga berhubung jadwal pumping ASI eik lg kurang konsisten yg berakibat produksi menurun (karena kerjaan lg lucu2nya).. Jadi Semoga kebutuhan gizi anak ganteng ttp terpenuhi dengan baik.. Aamiin!

6. Bagaimana Konsistensinya? Ya sesuai panduan buku... Agak Cair dan Lembut seperti yoghurt. Dengan alasan karena pada awalnya bayi akan mengisap makanannya drpd menggunakan bibirnya untuk mengambilnya dari sendok, naahh konsistensi yg agak cair dan mudah ditelan inilah yg paling pas diberikan hingga si bayik terampil memindahkan makanan di dlm mulut dgn menggunakan lidahnya.

7. Berapa banyak? Kata buku sih karena masih pengenalan ya ga perlu byk2 cukup 1-2 sdm atau 1-3 sdt. Walopun kynya gw ragu sih.. secara nih bocah termasuk tipikal "Rakus" juga klo udh nen.. ;D

8. Berapa Kali? Hari2 pertama kynya gw cm ngasih 1 Kali aja dulu... yah let see lah klo anaknya doyan makan... Kita Beerrriiii.... ;D

9.Berapa Suhunya? hangat2 kuku cyiinn... ;)

10. Sendoknya seperti apa? Klo bisa sih yg lentur dan kepala sendoknya ga terlalu lebar dan tebal, supaya gampang masuk ke mulut bayi...tapiii gw belum beli euyy... hihihihi

11. Mangkuknya seperti apa? Pengen cari yg mudah dipegang biar ga gampang jatoh pas nyuapin sm yg ketutup mangkuk + Sendoknya... tapii... Belum beli juga cyiinnn... wkwkwk

12. Berapa lama bayi makan? Selama yg dia maaauuuuu... hohoho...
Ya kan anak ganteng masih proses belajar makan... jadi ya semampu dan semaunya km aja yah nak... ;*

13. Bagaimana Jika dia tidak mau makan? Iihh Naudzubillahimindzalik... Ga mau maksain jg sih awal2... palingan bapake nti suruh ngelawak dulu biar anaknya mau makan... hahahhahaa... ;D

Tuuhhhh...lumayan kan persiapan eik??? Hehehe... :))
Soal perabotan dan menu-nya gimanaaaa??
Menuu....?? Aakkhh masih belom buat samsekkkkk... blm sempeeettt niihhhh...!! Huhuhu... smg H-7 udah adaaaa yaahh...Dibantu ya Aamiin-nya... Prokk...prokk...prokk.. Aamiin...

Perabot?? Udah punya sih sebagian... tpi mostly dr kado cyiinnn... wkwkwkw... Mau ngucapin makasih byk ahh buat yg ngasih kado Food Processor, Sterilizer & Steamer, Tupperware, Plus Mag Mag... Means a lot loohhh... *ciyum*



 Mayan bgt kaaann...kaaan...kaaann?? ;)

Trus yg udh beli apa ajah??

1. Kiddy Food Maker, Tadinya pengen beli yg merk Pigeon (ky antedesie inih) atau Basilic sihh... tapi begitu diajuin ke pak suami... lsg ditolak mentah2...krn Mihiiilll... dese bilang "saringan doank mah ga berfungsi lama, jd ngapain beli yg ratusan ribu?" Hmm... iya juga sih yah... masa iya anak bayi selamanya mau makan solid food disaring n dibejek2?? akhirnya coba brosing sana-sini dpt juga ploduk sejenisnya...hahahha... Harganya mau tau ga brp?? Satu set cuma 23rb... huwaahahahaha *nyengirbanggadpt murah* Udah BPA Free lagi... :D















2. Lynea Squirt, Tadinya sih pgn beli Boon Squirt yg harganya 90rb-an ituuuhh.... tapi lagi2 dgn pertimbangan ga bkal dipake lama (plg pas mkn solid food ajah) jadilah cari ploduk sejenis... Taaarraaa! Dapat deh nih ploduk... oya nih squirt ada tutupnya lagi... klo boon squirt kynya ga ada yah? *CMIIW*
Harganya cuman 33rb (Udh BPA Free juga)... ;D

















3. BIB atau Slabber, Nahh klo ini... Alhamdulillah dpt yg asli-nya bukan "Kw" ky perabot2 di atas...hihihi...Soalnya dpt approval dr Pak Suami... Uhuyy! Dese bilang klo ini pasti dipake lama... jd harus beli yg awetan...
Harganya teteup murah doonkkk... 23.500 ajaahh... huwahahahahha... :D













Udaaahhh baru ituuu doank yg dipunyaaaaaaaa.... qiqiqiqiqiik...*tutupmukamalu*


Selebihnya beluuummm beliiii....
Semoga segera dikasih rejeki lebih biar bisa segera beli yg lainnya yg diperlukan yaaahhh...Aamiinn....

Oya... kynya ga afdhol deh klo drtd ngomongin si anak ganteng tpi potonya ga dipajang dimari...
Boleh yaakk... dipajang dikiiittt... yaaahh...yaaahh... yaaahhh???! Iyaaaaaaaaaaaaaahh... :D
Ini dia Abang Fakhry di usia 5M 
BB : 7.3Kg
TB : 66Cm
LK : 42CM







Sekian dulu aaahhh postingan seputar persiapan awal MPASI anak ganteng... Nti diupdate lagi yahhh progressnyaaaa... *lagi2klosempet* :p

Dadaaahhh... om dan tante ketjeeeehhh... ciyum jauh dr Abang Fakhry nihh... Doain Abang Fakhry sehat2 selalu yaahh... :* :* :*



Wassalam,

-Ibu Fakhry-

4 komentar:

bumblebumz mengatakan...

nella ako juga beli bukunya dr. tiwi bagusss... apalagi liat di youtube bagus banget yaaaa.......

intan lestari mengatakan...

Salam kenal.. :)
Semoga abang fakhry mamamny pinter dan lahap yaa..

www.minesmore.blogspot.com

Sebut saja dia dengan nama bunga mengatakan...

Boon ada tutupnya dong ah..masa mahal begono gapunya tutup huahahahaha

Demikianlah pesan sponsor dari tokomamidede..sekian dan terimakasih hahahaha

Thomas mengatakan...

oh sepertinya si fakhry mendapat progres yang bagus dari ibunya ~ semoga si abang fakhry jadi anak yang sehat ya :D

Poskan Komentar

 
Blogspottemplate