Bahagia itu sederhana• Hidup adalah anugerah ☺ nikmati proses!

Jumat, 15 Februari 2013

Alhamdulillah Cibubur (Lagi)

Assalammualaikuummmm para pembaca yang budimaaannn...
Saya kembaaaaaaliiii niiihhhhh....
Ada yg kangeeenn gaaaaa??? wkwkwkwkw :p

Trakhir posting masih taun 2012, lha kok yah skrg udh gnti taun 2013 ajaa...time flies so fast yaahh...
Klo ditanya apa resolusi di tahun 2013 ini, jujur aja saya bukan org yg punya rencana2 terstruktur rapih nih...hehe...semuanya dibiarkan mengalir ajaah smbl ttp do n pray for the best .. klise bgt yak... bhihihikk ;D

Naahh karena ga punya rencana2 hidup yg rapih jali, makanya rata2 semua keputusan datangnya serba ngedadak dangdut...Ky jual rumah...awalnya niat ngejual rumah cm seujung kuku doank... eeehhh ternyata di akhir tahun keinginan ini mendadak meningkat...yg akhirnya kejual deh tuh rumahnyaa.. Alhamduuuulillah... ;)

Waktu ngejual tuh rumah, sbnrnya niat awal eik dan suami itu pgn cari rumah second aja di Jakarta, karena mikirnya semua keluarga di jakarta, lokasi kantor juga di jakarta, ditambah pak suami jg masih kuliah lagi di jakarta... akhirnya mbulet lah pgn cari rumah di jakarta ajah...
Tiap hari kerjaannya mantengin tuh situs2 jual beli rumah...
Ya Toko Bagus-lah... Ya Berniaga-lah.. Ya Rumahku.com-lah, Ya Rumah123.com-lah, Ya rumahdijual.com-lah...etc etc... pkoe tiap hari ga bosen2 deh mlototin tuh situs.. :D
Tapiiiiiii...tiap nemu kandidat yg sesuai, ada aja masalahnya...
Klo kata pak suami sih itu semua krn aku banyak maunyaa... wekekekek
Smp2 sempet lohh pak suami ngambek n kesel gr2 kelakuan bini yg banyak maunya ini....hahahahhaaa *sungkemsmsuami*  :p

Padahal loh yah, permintaan eik ga banyak kok, intinya itu :
1. Harus lebih luas dr rumah terdahulu (dulu luasnya itu 72m)
2. Transportasi ke kantor tidak repot (ga mesti berkali2 naek turun angkot), jadi klopun maceet, ga cape
3. Lokasinya ga boleh trlalu jauh dr jalan besar (ga nyelip2 ke pelosok), jadi klo keluarga mau main n nengok ga nyusahin mereka buat nyari2 lokasi-nya.
4. Letaknya bukan di gang2, atau jalan2 kecil, klo ini jujur aja alasannya bukan apa2, lebih ke pendidikan n pola asuh anak ke depannya.
5. Lingkungan asri (sejuk), udara bagus, tidak banjir dan tidak sepii tapi juga ga terlalu crowded ;p
6. Keamanan terjamin
7. Dekat dgn fasilitas umum, kaya pasar, sekolah, masjid, dan tempat makan.

Tuuhhh... ga banyaaaakk kaann?? orang cuma 7 kok masih di bawah 10-lah...ya kan..ya kan...ya kan... ;D
Sebenernya masalahnya itu bukan karena banyaknya mau eik... klo banyaknya mau eik sih ga masalah klo dtunjang sm duite...lhaaa..iki kepiyee?? duitnya juga pas2an...hahahaha..
Kebayang kan dgn spec rumah ky yg eik mau di atas trus lokasinya di Jakarta... harganya pasti maknyussss smp M-M-an dehhh.. wkwkwkwk.. ga sadar diri klo ini maahhh... qeqeqeqe *cubitpipisendiri* :p
Trus akhirnya eik dan pak suami mulai memikirkan alternatif lain...
Kami mulai mikir utk tdk memaksakan kehendak beli rumah di Jakarta, lagian setelah dipikir2, ngapain juga beli rumah di Jakarta, kan klo udh usia2 ky eik sekarang mah pengennya di rumah yg tenang... santai... ga mau deh ada di lingkungan yg hingar bingar penuh keramaian ky di ibukota...
Lha trus klo alasannya kuliah suami gimana? emm... kami berdua mikir, lha kan emg mau selamanya kuliah?? kuliah pak suami kan udh tinggal 1 tahun lagi (InsyaAllah), jadi ngapain juga mikir kesono...

Finally ... eik dan pak suami memutuskan untuk cari rumah yg melipir (lagi) dari Jekarda...wikikikiw \^,^/
Kandidatnya itu : bintaro, tangerang/serpong, bekasi, dan cibubuuurrr...hahahaha nanti saya jelasin knp cibubur masuk kandidat lagi.

1. Bintaro : Jujur smpt survey2 juga nih daerah bntaro inih... harganya masuk, dkt dgn rumah mertua, lingkungan juga asri...ke kantor suami juga ga gtu jauhh... tapiiii ke kantor saya jauuuhhh bgt...kebayang ga tiap hari PP Priok-Bintaro?? ga ada kereta dan bisnya juga nyambung2...aaarghh!! akhirnya CORET!

2. Tangerang / Serpong : Pengen bgt ke BSD! Survey2 tnya tmn yg rumahnya disana, emg dr segala aspek lingkungan, BSD bnr TOP! Tapiii... Ketika tny2 soal transportasinya, ternyata belum ada bis yg sekali jalan ke arah priok (masih nymbung2 jg), terlebih harganya maaaleeehhhh... mehong geeellaaa.. Aiishh CORET!

3. Bekasi : Sempet survey rumahnya Wina juga lho di JatiMulya Regency tapi seperti sy dan pak suami krg cocok dgn lingkungan n transportasinya... (Maaf ya win.. )
Tapi kami msh blm putus asa sm daerah Bekasi, akhrnya kami coba berkunjung ke rumah salah satu tmn kami di daerah perbatasan jatibening -jatiasih... sang tmn ini awalnya (3-4 thn yg lalu) beli tanah kavling sekitar 200m, lalu mereka bangun rumah sedikit demi sedikit..smp akhirnya jadilah sekarang rumah idaman mereka.. Asli eik dan pak suami iri banget ngeliatnya... mnrt kami brdua mbuat konsep rumah idaman itu bnr2 luaaaaarrrr biaaasaaaa! merancang bagaimana kamar utama, dapur, taman dsb aahhh itu bnr2 TOP deh!
Akhirnya kami brdua memtuskan untuk merubah pola pikir kami... Ya! kami memutuskan untuk tidak lagi mencari RUMAH tapi kami mau mencari TANAH KAVLING aja yg bersertifikat... Abis itu sertifikatnya di"sekolah"in ke Bank trus bangun deh RUMAH IMPIAN...hihihii.. seru yah!
Tapi ternyata kenyataannya ga semudah yang kami bayangkan... Nyari tanah kavling yg bersertifikat dgn harga yg pas di kantong di lingkungan yg sesuai dgn keinginan eik ituhhh susaahnyaaaaaa minta ampuunnn boowkk... >__<
Ada yg sesuai sm kantong, tapi rata2 tanahnya masih AJB (Akta Jual Beli), jadinya ga bisa donk di sekolahin ke Bank...trus klo ga bs disekolahin ke bank, drmn eik dpt duit buat ngebangun RUMAH IMPIANNYA dooonkkk?? ihiks :(
Akhirnya mulai meredam hasrat beli TANAH KAVLING dan kembali mencari RUMAH saja...
Pilihannya jatuh ke daerah Jatibening dan wilayah Bekasi Barat (Harapan Indah dan Bintara)

Pilihan Jatibening karena dia lokasinya bnr2 tengah2 antara kantor suami di Slipi dan Kantor saya di Priok...Tapi begitu kami survey...lagi2 kami ga menemukan rumah yang sesuai dengan 7 spec yg udh kami tentukan sebelumnya... Akhirnya CORET!

Pilihan berikutnya itu Bintara atau Harapan Indah,
Untuk Bintara sbnrnya udh ada bbrp rumah yg masuk list kami...tpi bgitu disurvey, lagi2 ga lolos seleksi 7 spec kami itu...akhirnya CORET!
Naahh untuk Harapan Indah... kami bnr2 suka deh dgn lingkungannya... hampir memenuhi 7 kriteria kami... tapiiiiiiiii.... dgn kondisi kantong kami, klo maksain beli rumah disana, kami hanya akan dapat rumah yg luasnya maksimal 90m ajaahhh... iihh nanggung bangeeettt kaaann?? Blom putus asa gtu aja, masih ttp searching di situs2 utk rumah second di Harapan Indah, tpi ternyata NIL...Akhirnya CORET!
(Yang akhirnya baru2 ini saya syukuri sy ga jadi ambil di Harapan indah, karena ternyata banjir januari kemarin itu HI juga kena banjir sodara2...hihihi ;D)

 Oke sekarang alternatif terakhir :

4. Cibubur, aheeyyyy \\^,^// selalu antusias deh eik klo disuruh nerangin apa alasan eik akhirnya memutuskan ambil rumah di Cibubur (lagi)....hahahhaha ;D

Lingkungan yg asri, sejuk, transportasi yg ga ribet wlopun *sdkt* macica, ga banjir... yaah boleh dibilang daerah cibubur sdh memenuhi 6 kriteria dr 7 kriteria kami-lah (diluar harga lho yah) :D

Awalnya CITRA GRAN dan CIBUBUR RESIDENCE-lah inceran kami... karena emg dua perumahan inih bnr2 MANGSTAABB dari segala aspek dan sisi... TOP BGT!
Lalu kami pun survey lapangan...datengin kantor pemasaran dan coba cari di internet siapa tau ada yg jual rmh second di dua perumahan ini dgn harga miring... Tapi ternyata harganya udh telanjurrr membengkaaaakkkk bak Gajah Hamil bowk *maafagakganyambung* :p
Masa yah hrga plg murah itu 700jt-an dgn luas tanah yg cm 90 s.d 105m... alamaaakkkk... blm sanggup akika klo sekarang mah... X__x
Ya sudalah akhrnya dgn berat hati kami berdua meng-ikhlaskannya...

Trus yaaahhh...akhrnya kami kembali ke rumah tetangga kami yg kami taksir dr pertama tuh rumah dipasang spanduk "DIJUAL"
Jadi gini ceritanya sodara sodari... awalnya mmg kami udh naksir sm rumah tetangga kami yg dihook inih... tapi kami ga langsung booking, selain karena kami takut harganya mahal (krn posisi dkt pos strategis dan tanah yg hook), kami juga ga mau tergesa2 dan menyesalin keputusan kami inih klo2 di kemudian hari keputusan kami ini salah...
Sampai akhirnya, list2 lainnya kandas di tengah jalan karena tidak memenuhi kriteria kami di atas, akhirnya list Rumah Tetangga kami ini menjadi MOST SUITABLE LIST!

Akhirnya kami beranikan bertanya ke nomor telepon pemilik rumah tersebut..
Oh ya, fyi nih eik dan pak suami ga nanya ke agennya LJ HOOKER pd saat itu loh pdhl dia pake agen :p alasannya ya karena kami tau klo agen itu ga bisa memutuskan harga...semuanya full wewenang sang pemilik rumah...jadi ngapain jg kami nanya ke agen...hehehehe

Janjian, Ketemu, dan diskusi, dan ternyata harganya COCOK!

Ternyata beliau BU alias Butuh Uang cyiinn! Ahayyy... jadilah dia jual tuh rumah dgn harga di bawah harga pasar loohh...alhamdulillah trnyata ketakutan kami soal harga rumah dimudahkan oleh Allah.. hamdallah...
Proses awal, kami niatnya mau over credit saja, biar cepet dan ga pake proses2 KPR segala... tapi eh tapi mungkin Allah kasih sign kali yah klo proses over credit itu ga baik buat ke depannya... Akhirnya dgn proses yang agak lumayan alot tapi ga alot alot amat..Finally kami memutuskan untuk membeli rumah tsb secara KPR saja... Alhamdulillah ;D

Untuk seluk beluk proses KPR, biaya dan masalahnya nanti akan dijelaskan di postingan terpisah ya cyiinn... maklum udh mulai berasa pegel inih jari2... :p

Intinya...now we're beyond extraordinary happy, karena akhirnya kami telah menemukan jodoh rumah kami... Rumah Impian kami...
Rumah ini lokasinya cuma beda bbrp blok dari rumah pertama kami... Memenuhi 7 kriteria ideal kami dan harganya pass di kantooongg... Segala Puji Bagi-Mu Rabb...
Alhamdulillah walaupun sempet rada struggling di proses KPR-nya, akhrnya semuanya bisa diselesaikan dgn lancaarrr...

Sekarang rumah baru ini lagi direnovasi... Mohon doanya yah ibu2 dan bapak2 keceh semoga semuanya berjalan dengan lancaaarr dan rejekinya juga mengaliiirr dereeeesss.... Aamiin Aamiin Yaa Rabbal Alaamiin...



 -Penampakan rumah sebelum renov-

Sedikit tips dari eiik dan pan pak suami ttg mencari RUMAH IMPIAN :

1. Tentukan dulu kriteria rumah impian kita yg kaya gimana (klo sy buat 7 list yg diatas itu)
2. Tentukan alternatif2 lokasi
3. Jangan terburu2 atau tergesa2, atpi juga jangan terlalu lama nanti harganya tau2 naek lagi, better psg time frame ajah ;D
4. Cari informasi sebanyak apapun dari situs, tmn, sudara, tetangga tentang alternatif2 yang sudah dipilih
5. Cari Informasi juga ttg harga pasar di daerah alternatif yg kita pilih itu
6. Ga ada salahnya mencari informasi ttg rumah second loh, walaupun proses KPR-nya lebih ribet drpd rumah baru, tpi worth it karena harganya jauh dgn rumah baru.
7. Oh ya klo mau beli rumah baru, penting nih untuk melihat kredibilitas developer.
8. Sekedar informasi nih, klo mau KPR jgn hanya mengajukan di satu bank saja, minimal 3 bank biar aman
9. Klo mau tau soal berapa prediksi cicilan per bulan, itung aja dr 1% harga rumah (misal harga rumah 300jt-an, berarti cicilan per bulan itu moreless 1% dari 300jt = 3jt), tapi ini semua depend on DP dan Bunga bank-nya yah
10. Kalau udah nemu rumah yg cocok, jangan langsung booking minta pendapat orang juga yah terutama keluarga
11. Budgetkan biaya KPR & pengurusan srt2 rumah itu moreless 10% dari harga rumah yah
12. Minta restu keluarga terutama orang tua
13. Ini sebenernya yg paling penting : buat BUDGET cyiiinnnnn
14. Klo beli rumah second dan pgn di-KPR-in harus memenuhi syarat2 KPR yah : Bersertifikat (SHGB/SHM), IMB, PBB, tidak banjir, tidak berada di gang2 kecil, kondisi rumahnya tidak ancur/bobrok.
15. Hindari Agen! (kita bisa kok cari2 informasi sendiri ttg pengurusan jual beli rumah, jangan males!), banyak bgt informasi di situs, tmn, keluarga dsb.
16. Kalau si penjual rumah pakai agen, kalau bisa langsung aja cari tau siapa pemilik aslinya, jadi bisa nego langsung, dan klo beruntung tawarin aja untuk ga ush pake agen / perantara, biar harganya bisa turun lagi gtu...hahahaha (krn fee dr penjual buat agen itu 3% dari harga transaksi lho, gede kaaan?!)
17. Hindari beli rumah dgn over credit, krn biayanya klo mau balik nama bagaikan bom waktu (nanti dijelaskan di postingan berikutnya yah soal ini)
18. Hindari bermasalah dgn tunggakan! terutama tunggakan Kartu Kredit, kalau bisa lunasi tunggakan dulu sebelum mengajukan KPR
19. Joint Income! Biar plafond kreditnya lebih besar cyiinnn... ;D
20. Tips2 lainnya sih lebih ke proses KPR dan masalah2ya sih... nanti dibahas di postingan yg beda aja yah biar fokus... hehe

Sooo... Met hunting teman2... Smg kita semua bisa mendapatkan RUMAH IMPIAN yg penuh barokah... Aamiin Aamiin Yaa Rabbal Alaamiin.. :*



Wassalam,
- Nella -

4 komentar:

desieria mengatakan...

Alhamdulillah, selamat ya antenella udah dapet rumah idamannya...
doakan akyu segera dapet juga AamiinYRA...
Pokonya aku merapat padamulah yah kalo soal rumah, kpr endesbre secara pengalamanmu segudang hihihi, postingan KPRnya aku tunggu yaaa :)

bumblebumz mengatakan...

alhamdulillah rumah impian na uda dapet, itu luas tanah sama bangunan na berapa nel?

amiennn moga ako n desi bisa cepet2 dapet rumah impian juga hehhehe...

Simply Nella mengatakan...

@Budes : Aamiin Smg tahun ini udh dpt rumah idamannya ya budes...aamiin Ya Allah... Soal postingan nti ya budes... soalnya msti rinci nih... *ngumpulin niat dulu* :p

@Bubren : Itu LB/LT-nya 45/127 bren... aio buruan mama bren... siapin rumahnya, jadi dedek lahir udh di rumah baruuu... hehehe Aamiin...

Berita Forex mengatakan...

kenapa gak coba di Horizon East Depok aja mbak??

Poskan Komentar

 
Blogspottemplate